Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong melakukan optimasi lahan rawa guna mendukung program Selamatkan Rawa Sjahterakan Petani dalam memenuhi kebutuhan lahan atau Serasi sebagai upaya memenuhi kebutuhan lahan untuk produksi pangan.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Distan Kabupaten Tabalong Suaidi mengatakan optimasi lahan rawa tahun ini 3.200 hektare dengan melibatkan kelompok tani lokal.

Optimasi berupa perbaikan kondisi infrastruktur lahan dengan prioritas perbaikan tata air mikro, rehabilitasi atau membangun pintu air akan dilakukan di wilayah Selatan Tabalong.

"Kita berharap optimasi lahan rawa ini bisa meningkatkan produksi pertanian," jelas Suaidi. Suaidi menyampaikan total dana optimasi lahan kegiatan Serasi di 'Bumi Saraba Kawa' mencapai Rp13,7 miliar dengan alokasi Rp4,3 juta per hektare untuk 3.200 hektare lahan rawa.

 Sementara itu desa penerima optmasi lahan tersebar di Kecamatan Kelua, Pugaan, Banua Lawas dan Muara Harus.

Pelaksana Tugas Kadis Pertanian Norzain A Yani mengatakan program serasi ini bisa mengoptimalkan lahan rawa sebagai areal pertanian sehingga indeks pertanaman meningkat.

 "Berbagai kendala di lahan rawa seperti banjir dan tingkat keasaman tanah diharapkan bisa teratasi melalui program optimasi " jelas Norzain saat membuka sosialisasi.

 Dalam sosialisasi ini hadir perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Imam Subarkah.

Termasuk perwakilan Kodim 1008/Tanjung Pasi Teritorial Kapten Inf Fendry.

Baca juga: Air Sungai Mangkusip Tabalong tak bisa dimanfaatkan
Baca juga: Danrem 101/Antasari kunker ke Tabalong
Baca juga: Kapolres : Tidak ada anggaran khusus untuk pengamanan Pilkades

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019