Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola), Kalimantan Selatan  H Rahmadian Noor menghadiri Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Provinsi Kalsel, di Kandangan, ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Selasa (20/8).

Rahmadian Noor hadir di Bumi Antaludin selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Batola. Wabup  hadir bersama-sama pengurus dan anggota pramuka lainnya yang turut serta mengikuti rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019.

Pada pelaksanaan Apel Besar terlihat ribuan anggota pramuka dari 13 kabupaten/kota se-Klsel berkumpul di Lapangan Lambung Mangkurat Kota Kandangan untuk mengikuti jalannya apel.

Ketua Kwarda Kalsel Raudatul Jannah berharap, gerakan Pramuka harus terus eksis dan bermanfaat bagi masyrakat serta mampu mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga dapat membentuk gaung generasi yang tangguh dan berkarakter sesuai yang tertuang dalam dasa darma pramuka.

Baca juga: Ribuan tunas muda sambut Kak Sahbirin dan Kak Raudatul Jannah

Raudatul menambahkan, gerakan Pramuka merupakan lembaga pendidikan non formal yang menjadi pelengkap pendidikan formal untuk menghasilkan kaum muda yang pandai dan berkarakter tidak cukup hanya di pendidikan formal namun harus dilengkapi dengan pendidikan non formal.

Sementara, Gubernur Kalsel selaku Ketua Mabida Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutan Ketua Kwarnas Komjen (Purna) Budi Waseso mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni bahaya korupsi, kolusi, nepotisme, radikalisme dan terorisme serta maraknya penyalahgunaan narkoba.

Ketua Kwarnas berharap, melalui peringatan hari pramuka ia mengajak segenap pengurus kwartir, pelatih, dan pembina serta semua anggota Pramuka untuk menjadi pioner dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa.

Anggota Pramuka juga diminta untuk melakukan suatu gerakan perlindungan bagi petani dengan lebih banyak mengonsumsi produk-produk pertanian lokal.

Apel dilaksanakan Lapangan Lambung Mangkurat itu juga dihadiri Gubernur Kalsel selaku Ketua Mabida Kalsel, anggota Forkopimda Provinsi Kalsel, Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin, dan para Ketua Kwarcab se-Kalsel, dan para anggota Forkopimda setempat.
Baca juga: Bupati HSS dianugerahi penghargaan tertinggi Lencana Melati
Baca juga: Wabup HSS terima lencana Pancawarsa dan lencana Darma Bakti




 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019