Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) jselaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka HSS   Syamsuri  Arsyad  menerima  penghargaan lencana pancawarsa IV dan lencana Darma Bakti Kwartir Nasional dari Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS Hendro Martono, Selasa (20/8) di Kandangan mengatakan,lencana tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor selaku Ketua Mabida Kalsel.

"Penyerahan dilakukan dalam dalam apel besar Hari Pramuka ke-58 tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Kalsel di Kandangan, karena Kabupaten HSS menjadi tuan rumah yang mendapat kehormatan sebagai tempat kegiatan," katanya.

Apel peringatan Hari Pramuka ke-58 Kwarda Kalsel di HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS lantik Mabiran dan Kwarran Pramuka Daha Selatan

Dijelaskan dia, penghargaan yang diterima Wabup HSS ini adalah berkat pengabdian, kerjasama yang baik serta jasa-jasanya dalam meningkatkan aktivitas gerakan pramuka di HSS dan selain Wabup HSS juga ada beberapa orang Pramuka Kwarcab HSS yang menerima penghargaan lencana Pancawarsa.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan penghargaan yang diterima ini adalah anugerah yang sangat luar biasa pada hari pramuka ini bagi Kwarcab Pramuka HSS, penghargaan ini tentu bukan untuk dirinya pribadi melainkan untuk seluruh keluarga besar gerakan pramuka HSS.

Menurut dia, untuk ke depannya akan terus meningkatkan kepramukaan di HSS  dan pihaknya akan lebih mengedepankan SKU dan SKK,sehingga nanti keterampilan para pramuka nantinya benar-benar terbina.

"Kita juga akan mengarahkan para pramuka kita ke arah dua wirausaha, jadi kita akan kembangkan pola pendidikan kewirausahaan melalui kepramukaan di Kabupaten HSS," katanya.

Apel peringatan Hari Pramuka ke-58 Kwarda Kalsel di HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS buka Kemsamaagalang Pramuka se Kwarcab HSS

Setelah selesai apel Hari Pramuka ke-58 Tingkat Kwarda Kalsel, Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor selaku Ketua Mabida Kalsel didampingi Ketua Kwarda Kalsel Hj.Raudatul Jannah dan Wabup HSS serta Wakil Ketua I TP PKK Kab.HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad melepas peserta sepeda hias yang diikuti sebanyak 180 orang pramuka siaga.

Adapun rangkaian lainnya peringatan Hari Pramuka ke-58 yakni, lomba permainan tradisional yang diikuti pramuka siaga, pramuka penggelang, pramuka penegak dan pandega.

Permainan tradisional meliputi seperti Balogo, Enggrang, Bakiak, Dagungan dan Tarik Upih, serta ada pula lomba permainan hiburan seperti estafet bola ping pong pakai bambu, bola pantul, lari karung pakai helm, lari dalam spanduk dan volly sarung.

Apel peringatan Hari Pramuka ke-58 Kwarda Kalsel di HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019