Upacara Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 melukiskan adanya toleransi dan kebersamaan antar dua komponen organisasi keagamaan terbesar di tanah air yakni Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah.

Hal ini setidaknya terlihat saat perayaan HUT Kemerdekaan di Kecamatan Sungai Pandan -Alabio, Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.

Wilayah Alabio dan sekitarnya dikenal sebagai basis bagi organisasi Muhammadiyah, meski organisasi NU juga cukup berkembang di wilayah ini.
Baca juga: "Bumi itu Bulat", kisah persahabatan dan kekuatan toleransi

Pihak pantia HUT Kemerdekaan menampilkan secara bergantian pertunjukan marching band dari Gerakan Pemuda Anshor dan Angkatan Muda Muhammadiyah untuk upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih.

"Marching band GP anshor kita tampilkan lebih dulu saat upacara penaikan bendera, sore harinya giliran Angkatan muda Muhammadiyah tampil menghibur masyarakat," ujar Iman salah seorang panitia HUT Kemerdekaan di Alabio, Senin.

 
Angkatan Muda Muhammadiyah tampilan marching band pada penurunan bendera HUT Kemerdekaan di Lapangam Alabio, Sabtu. (Eddy Abdillah)

Iman menuturkan, tolerasi antar dua ormas besar yang berada di Kecamatan Sungai Pandan ini terjalin harmonis selama ini, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah kecamatan setempat dengan melibatkan secara adil keduanya dalam berbagai event pembangunan dan kemasyarakatan.

Khusus untuk upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan, pertunjukan marching band milik kedua ormas ini selalu ditampilkan bergantian.
Baca juga: Wabup : Tanamkan toleransi kerukunan beragama

"Tahun ini marching band GP anshor yang tampil memerihakan upacara penaikan bendera, tahun depan giliran Angkatab muda Muhammadiyah," terangnya.
 
. (Eddy Abdillah)

Angkatan Muda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda Anshor turut memeriahkan upacara Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke 74 yang dilaksanakan di Kecamatan Sungai Pandan Alabio Kabupaten Hulu Sungai Utara.

"Kita ingin toleransi turut mewarnai saat kita merayakan HUT Kemerdekaan, bahwa kita semua satu bangsa dan bersama meeayakan hari bersejarah negara kita," ujar Camat Sungai Pandan Surya Shaufi.

Ia berharap tidak ada sekat di masyarakat, sedapat mungkin semua elemen masyarakat, turut dilibatkan salam setiap. kegiatan pembangunan.

Kemeriahan HUT Proklamasi Kemerdekaan di Sungai Pandan juga terlihat dari diselenggarakannya berbagai perlombaan yang diiikuti para pelajar.

Antusias masyarakat menyaksikan upacara memperingati HUT Kemerdekaan terlihat dari kehadiran  kaum bapak, ibu, anak-anak dilapangan gembira Alabio pada Sabtu kemaren.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019