Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Tim Kreatif HSS TV menggelar karnaval pembangunan dan pawai mobil hias HSS.

Sekretaris Bapelitbangda HSS Sudiono, di Kandangan, Senin (19/8), mengatakan kegiatan ini dimeriahkan dengan keikutsertaan ribuan peserta baik dalam karnaval pembangunan maupun pawai mobil hias.

"Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)  Tahun 2019 di Kabupaten HSS," katanya, saat menyampaikan laporan, bertempat di depan Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Dijelaskan dia, maksud diselenggarakannya acara ini adalah untuk memupuk semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap bangsa dan negara, merekatkan persatuan dengan mewarisi semangat para pahlawan untuk melanjutkan perjuangan dalam membangun bangsa.

Karnaval pembangunan dan pawai mobil hias (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Video : Wakil Bupati HSS pimpin peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia

Acara ini terbagi dua kegiatan, yakni karnaval pembangunan yang yang dilaksanakan dengan berjalan kaki menampilkan busana daerah, busana pejuang dan atribut yang berkenaan dengan semangat perjuangan 45.

Para peserta berjalan kaki menurut rute yang telah ditentukan, sementara untuk kegiatan kedua pawai mobil hias, dimana para peserta menampilkan mobil hias dengan tema masing-masing sesuai dengan lingkup bidangnya.

Karnaval Pembangunan diikuti oleh 48 regu yang terbagi dalam Kelompok 17 sebanyak 19 regu, kelompok 8 sebanyak 11 regu dan kelompok 45 sebanyak 28 regu.

Sementara untuk pawai mobil hias diikuti oleh 54 buah mobil, dan para peserta akan dinilai dewan juri dan akan diberikan penghargaan untuk peserta terbaik I sampai dengan VI berupa hadiah dari Panitia dan para sponsor kegiatan.

Masyarakat kota Kandangan sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena berbagai kreasi unik dan antik yang ditampilkan para peserta dan mendapatkan reaksi dan tepuk tangan meriah.

Karnaval pembangunan dan pawai mobil hias (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: 32 orang anggota Paskibraka HSS Tahun 2019 dikukuhkan

Acara yang dimulai pada pukul 14.00 Wita,diikuti oleh para peserta yang terdiri dari instansi pemerintah baik SKPD dan vertikal, BUMN /BUMD, aparat desa dan dan sekolah yang ada di HSS.

Kemeriahan acara ini semakin bertambah saat para paserta pawai sudah dilepas seluruhnya, undangan dihibur oleh barisan Paduan Suara "Sehati Voice", yang membuat Bupati HSS H Achmad Fikry dan lainnya menikmati lagu-lagu yang dinyanyikan bahkan ikut bergembira bersama.

Turut berhadir, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, unsur Forkopimda, Ketua sementara DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, para kepala SKPD dan camat se Kabupaten HSS dan para undangan lainnya.

Karnaval pembangunan dan pawai mobil hias (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019