Semarak kemerdekaan bergelora dalam antusiasme para peserta lomba yang di adakan oleh Karang Taruna Citra Benawa Desa Haliau, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Ketua Panitia H Muhammad Noor, di Haliau, Minggu (18/8), mengatakan rangkaian lomba yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Citra Benawa merupakan agenda tahunan yang selalu di tunggu oleh warga Haliau dan sekitarnya, di Kecamatan Batu Benawa.

"Pada tahun ini berbagai lomba kembali di adakan dimulai dengan sepeda santai yang dilaksanakan pada tanggal 16 agustus 2019 yang diikuti ratusan peserta, baik penduduk setempat maupun desa lain dengan mengambil rute menuju desa Aluan dan Kalibaru sembari menikmati hamparan sawah dan pepohonan," katanya.

Camat Batu Benawa H Jamhari bersama para pelaksana dari KT Citra Benawa (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Meriahkan hari kemerdekaan Karang Taruna Citra Benawa gelar ragam lomba

Dijelaskan dia, tahun ini berbeda rutenya dari beberapa tahun yang lalu, karena selain untuk lomba dan hiburan juga diharapkan menjadi edukasi bahwa anak-anak bahwa alam banua bagus dan harus di jaga sesuai komitmen pemerintah dengan semboyan "Save Meratus".

Dalam perlombaan sepeda santai tersebut, untuk peserta yang beruntung mendapatkan hadiah utama adalah Daus, seorang remaja asal desa Haliau.

Rangkaian lomba dilanjutkan pada tanggal 17 agustus 2019 dengan lomba yang khusus untuk anak-anak, seperti makan krupuk dan lain-lain kemudian berlanjut pada malam hari dengan berbagai lomba yang diikuti oleh ibu ibu dan para remaja putri..

Pada lomba ibu-ibu di Desa Haliau dan sekitarnya diliputi keseruan dan gelak tawa tertumpah, ketika memasuki game transfer tepung, yang mana para ibu menjadi berlepotan tepung.

Semarak perayaan HUT Kemerdekaan Karang Taruna Citra Benawa (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Relawan HST galang dana untuk korban gempa dan tsunami

Warga Haliau Mama bayu, mengatakan setahun sekali untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan negeri tidak mengapa harus berlepotan tepung, apalagi diiringi riang tawa semua warga terpancar ikut dalam kemeriahannya.

Puncak acara pada tanggal 18 Agustus 2019,  Karang Taruna Citra Benawa kembali mengadakan lomba jalan santai dengan kustom unik, berbagai kustom dari sang super hero Batman sampai baju yang terbuat dari ganggang pun ikut ditampilkan.

Kegiatan ini dilepas langsung Camat Batu Benawa H Jamhari, dalam sambutannya camat sangat mengapresiasi kegiatan positif warganya tersebut dalam partisipasi memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Tokoh Pemuda Haliau Juniansyah, berharap bahwa agenda tahunan ini akan terus dilaksanakan dan semakin meriah, melihat antusisme warga serta kekompakan para anggota Karang Taruna Desa haliau yang tak lelah siang sampai larut malam melaksanakan kegiatan.

Semarak perayaan HUT Kemerdekaan Karang Taruna Citra Benawa (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019