Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru AR Iwansyah mengharapkan kemerdekaan yang sudah diraih bangsa Indonesia selama 74 tahun mampu melahirkan generasi maju.

"Pejuang dan pahlawan sudah banyak berkorban sehingga harus kita hargai dengan kemampuan menjadi generasi maju untuk mengisi kemerdekaan," ujarnya di Banjarbaru, Sabtu usai upacara HUT RI. 

Pernyataan itu menjawab terkait makna peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 bagi generasi sekarang yang dituntut mampu dalam mengisi kemerdekaan hasil perjuangan para pahlawan pembela bangsa. 

Menurut dia, generasi muda yang sekarang menikmati kemerdekaan harus meneladani sikap pejuang yang rela berkorban demi bangsa dan negara meski pun nyawa mereka melayang di tangan penjajah. 

"Generasi Indonesia sekarang terutama di Kota Banjarbaru harus mampu mengisi kemerdekaan yang diraih pejuang dengan susah payah melalui prestasi diberbagai bidang yang bisa diraih," pesannya. 

Sementara itu, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 dipusatkan di Lapangan Murjani depan Balaikota Banjarbaru berlangsung dengan tertib dan khidmat. 

Upacara kenegaraan itu dihadiri Ketua DPRD Kota Banjarbaru AR Iwansyah, Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah dan undangan lainnya. 

Upacara dimulai bunyi sirene selama satu menit dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi yang dilakukan Ketua DPRD Kota Banjarbaru AR Iwansyah seperti yang dibacakan Presiden Soekarno 74 tahun lalu.

Naskah proklamasi kemerdekaan RI dibacakan di depan ratusan peserta upacara yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, personel Basarnas, PNS, mahasiswa, pelajar, dan unsur lainnya.

Selain pengibaran bendera, peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019 juga dimeriahkan drama kolosal dari Dewan Kesenian Banjarbaru dengan judul “Merdeka atau Mati” diiringi paduan suara lagu-lagu nasional.

Baca juga: Wali Kota berharap Kalsel ibukota negara
Baca juga: Sekda hadiri pembangunan hotel Bandara Syamsudin Noor
Baca juga: Polres Banjarbaru jaga kawasan bandara dari kebakaran lahan


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019