Aplikasi "Siperkasa" milik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil meraih skor tertinggi 92,55 dengan predikat sangat memuaskan dalam
ajang Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat-Pim) Tingkat III Angkatan 2 Tahun 2019 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Siti Aisyah selaku tim dan konseptor yang mempresentasikan ujian laporan proyek perubahan ULM bernama "Siperkasa" atau singkatan dari Sistem Informasi Permohonan Kerja Sama, Kemendikbud memberikan apresiasi tinggi keberadaan aplikasi tersebut.

"Alhamdulilah saat diujikan bersama peserta lainnya dari berbagai institusi, terpilih terbaik dua orang. Kemudian diujikan lagi dua terbaik ini dan akhirnya ULM dengan Siperkasa keluar sebagai peringkat pertama," kata Siti Aisyah di Banjarmasin, Jumat.

Sebagai konseptor "Siperkasa", Siti Aisyah menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam mewujudkan aplikasi berbasis teknologi informasi tersebut, seperti UPT Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) ULM yang membuatnya hingga bisa digunakan saat ini untuk kepentingan menjalin kerja sama.

"Selama prosesnya, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat ULM Prof Dr Ir H Yudi Firmanul Arifin sebagai mentor terus memantau," ujar  wanita berhijab ini.
Kabag Kerjasama dan Humas ULM Siti Aisyah bersama para mitra ULM dalam sosialisasi Siperkasa. (antara/foto/firman)


Begitu juga Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi mendukung penuh dan turut mendorong penggunaan "Siperkasa" sebagai langkah maju perguruan tinggi negeri terbesar di Kalimantan dengan akreditasi A itu.

Aplikasi "Siperkasa" sendiri punya banyak kelebihan, di antaranya, calon mitra yang ingin bekerja sama dengan ULM cukup mengajukan proposal penawaran kerja sama melalui online tanpa harus bertatap muka.

"Dalam hal disposisi pimpinan, kami tidak lagi terkendala ruang dan waktu karena disposisi juga bisa online. Semua kerja sama juga terintegrasi, baik di rektorat, fakultas, lembaga hingga UPT-UPT yang ada di ULM. Begitu juga datanya juga terekam semua satu pintu di rektorat," ujar Siti Aisyah yang juga menjabat Kabag Kerjasama dan Humas ULM ini.

Dengan demikian, katanya, calon mitra ULM sekarang cukup membuka website atau link untuk mengakses sistem informasi permohonan kerja sama di http://siperkasa.ulm.ac.id/login. Selanjutnya pemohon tinggal mengisi data sesuai petunjuk dan akan diterima oleh operator "Siperkasa" untuk memberikan keterangan disetujui, ditangguhkan atau ditolak penawaran kerja samanya tanpa harus menunggu lama lantaran ada standar pelayanan waktu yang sudah ditentukan.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019