Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) H Muhammad Noor menyampaikan dana Bantuan Sosial (Bansos) rumah sejahtera yang diserahkan tetap akan dilakukan pengawasan, saat penyerahan di Aula Kantor Kecamatan Telaga Langsat.

Ia mengatakan, bantuan ini akan tetap diawasi prosesnya, baik oleh Inpekstorat, Dinas Sosial HSS dan Pemerintah Kecamatan masing-masing, diharapkan masyarakat bisa langsung mengerjakan program perbaikan rumah begitu dana diterima.

"Rumah yang dibuat agar menggunakan bahan yang bagus , itu demi kenyamanan masyarakat yang menjadi penerima manfaat bantuan itu sendiri," katanya, saat menyampaikan sambutan, Senin (12/8).

Penyerahan bantuan rumah sejahtera (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS terima penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia

Dia menjelaskan, berdasarkan pesan Bupati HSS H Achmad Fikry agar warga yang menerima bantuan benar-benar bisa membuat rumah sesuai dengan dana yang diberikan, sehingga bisa menempati rumah dengan nyaman untuk beristirahat, bekerja, berkumpul bersama keluarga serta beribadah.

Kepala Dinas Sosial Siti Erma, mengingatkan, bantuan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang diberikan dalam bentuk tunai, karena kali ini bantuan diberikan dalam tiga tahap.

Menurut dia, dengan bercermin dari pengalaman yang lalu, agar tidak terjadi penyalahgunaan dana bansos untuk keperluan yang lain, dan agar dana yang ada benar-benar untuk pembuatan rumah.

Dana yang ada bisa dimaksimalkan penggunaannya untuk membuat sebuah rumah yang nyaman bagi pemiliknya, standar rumah yang harus dipenuhi, rumah yang dibangun atau direhab, harus memiliki satu buah kamar, satu buah WC dan rumahnya mesti pakai jendela buka.

Penyerahan bantuan rumah sejahtera (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS bangun 625 buah rumah sejahtera realisasi janji Fikry-Syamsuri

Camat Telaga Langsat Bardamaini, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab HSS melalui Dinas Sosial, yang telah kembali mengucurkan dana rumah sejahtera untuk delapan warga penerima dari berbagai desa, di kecamatan Telaga Langsat

Sebelumnya, Sekda HSS juga menyerahkan bantuan serupa di Kecamatan Angkinang sebanyak 15 buah, penyerahan ini juga langsung dihadiri pada penerima manfaat bantuan dan Camat Angkinang Dian Marliana.

Penyerahan bantuan rumah sejahtera di Kecamatan Angkinang (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019