Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan Harun Nurasid membagikan bebek kepada sejumlah warga kurang mampu di Desa Teras Padang sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kemiskinan di daerah tersebut.

Menurut Bupati di Barabai, Senin, melalui pembagian ternak bebek tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengembangbiakkan sektor peternakan kecil menjadi peternakan sekala besar.

"Sektor peternakan saat ini menjadi usaha yang cukup menjanjikan, saya harap masyarakat bisa mengembangkan peternakan bebek ini, sehingga ke depan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Selama ini warga Taras Padang mengandalkan mata pencahariannya dari sektor pertanian, dengan adanya bantuan pengembangan ternak bebek tersebut, diharapkan akan menjadi pendapatan tambahan bagi masyarakat, disela mereka mengerjakan sawah.

Menurut Bupati sekalipun telah berhasil mengurangi jumlah kemiskinan di kabupaten HST, gerakan penanggulangan kemiskinan harus terus ditingkatkan.

"Program-program penanggulangan kemiskinan yang terus berjalan perlu pengawasan dan masukan agar program dapat berjalan dengan baik, termasuk kita perlu meningkatkan kemampuan penanggung jawab operasional PNPM Mandiri Pedesaan," katanya.

Pembagian ternak bebek bagi warga kurang mampu tersebut sekaligus dalam rangka bakti sosial program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM) tingkat kabupaten HST.

Ketua Tim Penggerak PKK, Tintainah Harun Nurasid mengatakan pemberian ternak bebek kepada 180 rumah tangga yang kurang mampu ini sebagai bukti bahwa program PNPM tingkat kabupaten HST ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

"Kami sangat berharap bahwa bantuan ini nantinya dapat dimanfaatkan secara maksimal membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu di desa ini, selain potensi perekonomian di setiap desa harus terus digali agar dapat menaikkan tingkat kesejahteraan masyarakat," katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) kabupaten HST Yuserani, mengungkapkan pelaksanaan bakti sosial PNPM Mandiri Pedesaan se Kabupaten HST ini merupakan hasil surplus kelompok simpan pinjam Perempuan tahun 2012 sebesar Rp105.732.800.

"Dana surplus ini selama pelaksanaan bakti sosial sudah dipergunakan untuk paket sembako sebanyak 266 paket untuk rumah tangga miskin, paket kelengkapan sekolah untuk 73 anak kurang mampu, sunatan massal untuk 40 anak kurang mampu, dan yang terakhir ini adalah 180 paket ternak bebek bagi 180 buah yang diberikan kepada rumah tangga kurang mampu di desa Taras Padang," ungkapnya.

Dalam acara bakti sosial tersebut turut hadir para camat lingkup kabupaten HST, Kepala bank BRI cabang Barabai, pengurus tim penggerak PKK, serta tokoh masyarakat desa Taras Padang.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013