Puluhan mobil hias memeriahkan lomba mobil hias dan pawai takbiran pada malam hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah, yang digelar Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan dengan Panitai Hari Besar Islam Batola, Sabtu.

Puluhan mobil berhiaskan aneka relief bernuansa Islami dilepas Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor dari halaman Kantor Bupati Batola.

Pelepasan iring-iringan mobil yang sangat dinanti-nantikan masyarakat Kota Bahalap ini ditandai pemukulun beduk secara bergiliran dimulai Wabup Rahmadian Noor, Ketua Sementara DPRD Batola Saleh, Pj Sekda H Abdul Manaf, Dandim 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto, Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya dan Wakil Ketua DPRD Sementara M Agung Purnomo.

Baca juga: Shalat idul Adha di Banjarmasin lancar.


Pawai mobil hias dan takbiran mengitari sejumlah ruas jalan mulai halaman Kantor Pemkab Batola, depan Polres Batola, Jl Putri Junjung Buih, Hadariah, Jenderal Sudirman, Kartini, AES Nasution, Basuki Rahmat dan finish di halaman Kantor Bupati Batola.

Dari hasil penilaian dewan juri, lomba dengan peserta dari kelompok masyarakat, masjid, mushalla dan sekolah yang dibina para SKPD, BUMN, BUMD serta perusahaan ini peringkat I diraih group maulid Karamallahu Wajhah binaan PDAM.

 Peringkat II MAN 1 Batola, peringkat III mushalla Darul Muttaqin binaan Setda Batola, peringakat IV Sinoman Hadrah Al-Karamah Ulu Benteng, Peringkat V group maulid Ar-Raudah binaan Dinas PUPR, dan peringkat VI remaja mesjid Sabilissalam binaan Dinas Perkebunan dan Perikanan.

Dalam lomba itu, panitia selain menyediakan piala bergilir bupati bagi peringkat I juga menyediakan trophy dan hadiah uang mulai Rp2,5 juta hingga Rp500 ribu.

Baca juga: Rayakan Idul Adha Bupati HSS gelar open house

Salah satu juri Aspihannoor menerangkan, dalam lomba ini peserta harus berbusana muslim dengan membawa alat-alat tetabuhan dan pengeras suara untuk memeriahkan takbiran. Sedangkan penilaian yang dilakukan mulai menyangkut tajwid, lagu, suara, kreativitas hiasan, tema dan jumlah peserta, kekompakan sahutan lapadz takbir, hingga keserasian takbir dengan alat bunyi.  

Wabup Batola H Rahmadian Noor menilai peserta semakin tahun semakin bagus dan beragam, namun demikian, ke depan tetap saja diharapkan terus meningkatkan kualitas dan inovasi hiasan terutama di malam Idul Fitri.

Mantan anggota DPRD Batola mengharapkan peserta yang akan datang lebih banyak lagi dengan melibatkan semua SKPD di lingkup Pemkab Batola dengan tidak sungkan-sungkan mengeluarkan bantuan dana agar hiasan yang ditampilkan bisa lebih bagus dan semarak.

“Saya berharap kedepan pesertanya lebih banyak lagi, sehingga suasananya lebih meriah,”pintanya.

Acara tersebut dihadiri Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwiputranti Rahmadian Noor beserta pimpinan organisasi wanita lainnya, para pimpinan SKPD, camat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai lapisan masyarakat.  

Baca juga: Wabup HSS serahkan sapi kurban di Mesjid Jami Ibrahim
Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor menyerahakan piala dan hadiah kepada juara  Loma Mobil Hias malam Idul Adha 1440 Hijriah, Sabtu (10/8) malam.Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019