Oleh Rusmanadi


Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Dua kecamatan di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, yakni Murung Pudak dan Tanjung mendapat dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp750 juta dan Rp1,2 miliar.

Hal tersebut dikatakan Ketua tim Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Kalsel, Deni Jauhari, di Tanjung, ibukota Kabupaten Tabalong, Rabu.

  Dalam rapat koordinasi PNPM Mandiri Perkotaan, Deni menjelaskan seperti tahun sebelumnya sasaran program 25 kelurahan/desa yakni 15 kelurahan di Kecamatan Tanjung dan 10 kelurahan Kecamatan Murung Pudak.

  "Total BLM di Kalsel untuk tahun ini sebesar Rp19,9 miliar dan Tabalong mendapat alokasi sebesar Rp2 miliar untuk dua kecamatan, Tanjung dan Murung Pudak," jelas Deny.

  Besarnya dana BLM yang disalurkan tiap kelurahan bervariasi tergantung jumlah penduduk dan persentase keluarga miskin dengan target penyerapan keuangan sebesar 99,96 persen serta realisasi fisik 100 persen.

Berdasarkan surat direktur penataan bangunan dan lingkungan, kementerian pekerjaan umum nomor 503 tahun 2013, dana BLM dimanfaatkan untuk dana pengembangan kapasitas masyarakat sebesar 10 juta.

"Selain untuk pengembangan kapasitas masyarakat, dana BLM juga digunakan membiayai program penanggulangan kemiskinan sesuai rencana tahunan 2013," tambah Deny.

Menurut koordinator kota, PNPM Mandiri Perkotaan, Norsyahriawati mengatakan tahun ini BLM juga mendapat dukungan dana sebesar Rp400 juta dari APBD dan 1,6 miliar bersumber dari APBN.

  "Program ini juga mendapatkan tambahan dana APBD sebesar Rp1,6 miliar untuk pemberian reward bagi badan keswadayaan masyarakat yang berprestasi baik dari segi kelembagaan maupun kegiatan yang diusulkan," jelas Norsyahriawati.

Rencananya, Kamis, tim PNPM Mandiri Perkotaan akan melakukan rapat koordinasi dengan 25 Badan keswadayaan masyarakat (BKM) di aula Bappeda Tabalong untuk menyosialisasikan arah kebijakan dan rencana kerja PNPM mandiri perkotaan 2013.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013