Satuan Tugas Bantuan Operasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)  Intan 2019, melakukan kegiatan pemeriksaan terhadap personel Polda Kalsel yang melakukan siaga Karhutla.

"Satuan Tugas (Satgas) Bantuan Operasional (Banops) Karhutla juga sub dari Satgas Kedokteran Kesehatan (Dokkes) sehingga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan," kata Kabid Dokkes Kombes Pol Dr H Erwinn Z H, MARS, MH Kes di Banjarmasin, Selasa.


Dikatakannya, waktu kegiatan operasi Karhutla dilakukan mulai 27 Juli sampai  31 Oktober 2019 atau terhitung tiga bulan ke depan.

Untuk tempat kegiatan Satgas Banops Karhutla Intan 2019 itu bertempat di Mapolda Kalsel dan di Posko Karhutla Jalan A Yani Kilometer 21.

Dia mengatakan tujuan dari kegiatan Satgas Banops itu untuk antisipasi gangguan kesehatan petugas pelaksan operasi Karhutla dan mencegah dampak buruk ari aspek kesehatan dan lain lain terhadap tubuh manusia, maupun masyarakat yang terdampak asap.
Baca juga: Gubernur Kalsel minta seluruh pihak padamkan kebakaran hutan dab lahan

Selain itu mereka juga memberikan pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi kesehatan serta pembagian masker untuj petugas Polri dan pemeriksan laboratorium sedehana KD + DR di Posko kesehatan lapangan.

Bukan itu saja, Satgas Banops juga melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan rida empat  dan pembagian dukungan bahan bakar minyak oleh Subsatgas Sarpras

Berikutnya, ada juga pemeriksaan repeater dan monitor oleh Subsatgas TI, pengawasan kehadiran personil piket oleh Subsatgas paminal dan pengambilan dokumentasi kegiatan oleh Subsatgas Humas.
Baca juga: BPBD tetapkan Tanah Bumbu siaga darurat bencana asap

"Sampai saat ini semua kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Banops Karhutla Intan 2019 berjalan aman dan lancar tidak ada kendala yang menonjol di lapangan," tuturnya. 
Baca juga: Kementerian LHK minta pelaku Karhutla ditindak tegas
 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019