Sebanyak 200 orang pekerja kontruksi di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, mengikuti sertifikasi uji atau sertifikasi tenaga kerja konstruksi yang merupakan program kerja sama Balai Pekerja Konstruksi Provinsi Kalsel dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tanah Laut, di gedung Balairung Tuntung Pandang Berseri Pelaihari, Selasa (6/8).

Peserta merupakan pekerja konstruksi diberikan materi, berkaitan dengan bidang kerja dan selanjutnya mendapatkan sertifikasi standar tenaga kerja konstruksi asal Kabupaten Tanah Laut siap bersaing dengan tenaga kerja luar Kalimantan dalam sebuah proyek pemerintahan maupun swasta.

Bupati Tanah Laut  H Sukamta menyebutkan, sertifikasi sangatlah penting sebagai  pengakuan pelaku jasa usaha penyaluran tenaga kerja, karena sudah pasti akan dibutuhkan spesifikasi khusus atau keahlian dari pekerja itu sendiri ketika ditawarkan melakukan pekerjaan besar.

Saat sekarang yang baru-baru saja dilakukan, sebut dia,  adalah pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Desa Tajau Mulya Kecamatan Batu Ampar, tentu diperlukan skill dari para pekerja.

“Pemerintah tentu memperhatikan kualitas dari pekerja lokal dengan sertifikasi.  Pemerintah bisa melindungi bapak-bapak sekalian dan intervensi kepada pemilik proyek kalau  bapak-bapak layak untuk dipekerjakan dan tidak diremehkan sebagai tenaga kerja kontruksi,” ujarnya.

Baca juga: 27 Agustus pelantikan DPRD Tanah Laut

Terpisah, Plt Kadis DPUPRP Tanah Laut  Akhmad Khairin mengungkapkan, penyiapan tenaga kerja sangatlah penting dilakukan, seperti sertifikasi untuk pekerja konstruksi, sehingga hasil yang diharapkan ada standarirasi dari pekerja-pekerja kontruksi tersebut.

Disatu sisi juga untuk menyamakan keterampilan mereka, jelas dia, sehingga ada standar yang jelas dan kompeten dibidangnya.

“Kita berharap kedepan tenaga yang sudah tersertifikasi dapat digunakan oleh pengguna konstruksi dan hal ini baru kali pertama dilakukan,” tegasnya.
Baca juga: DPC PDI-P usulkan tiga nama calon Ketua DPRD
Baca juga: Bupati buka pagelaran kuda lumping se-Kecamatan Pelaihari

 
Bupati Tanah laut H Sukamta membuka sertifikasi uji atau sertifikasi tenaga kerja konstruksi digelar Balai Pekerja Konstruksi Provinsi Kalsel dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tanah Laut, di gedung Balairung Tuntung Pandang Berseri Pelaihari, Selasa (6/8).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019