LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan mendukung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan untuk memberikan beasiswa kepada para mahasiswa perguruan tinggi di Kalimantan Selatan.

Dukungan tersebut, antara lain dilakukan dengan membentuk anggota pengurus Unit pengumpul zakat (UPZ) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan, yang telah resmi dikukuhkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu.

 Berlokasi di Aula LLDIKTI Wilayah XI Jalan Adiyaksa Banjarmasin, setidaknya sebanyak sepuluh pengurus dikukuhkan langsung oleh Ketua Baznas Provinsi Kalsel, HG (P) Rusdi Effendi AR.

Mereka masing-masing yakni Kepala LLDIKTI XI, Prof Udiansyah, yang menjabat selaku penasehat, Dr Muhammad Akbar selaku Ketua, Nazib selaku sekretaris, M Muslim As’yari selaku bendahara, Jamaluddin selaku Kabag Administrasi dan Umum.

Selain itu, Gusti Hidayat Noor Gusda selaku Staf Administrasi dan Umum, Puadinoor selaku ketua bidang pengumpulan, Gunawan Wicaksono selaku staff bidang pengumpulan, Nur Fadillah selaku Ketua Bidang Pendistribusian dan Rezki Amalia Noor selaku staf bidang pendistribusian.

Rusdi Effendi berharap kehadiran UPZ LLDIKTI Wilayah XI yang telah dikukuhkan tersebut dapat meningkatkan potensi zakat terutama di lingkungan LLDIKTI Wilayah XI. Baik dari Dosen PNS, Staf Administrasi bahkan bisa mengumpulkan zakat dari Perguruan Tinggi yang ada di wilayah kerjanya.

 
. (Antaranews Kalsel/Humas Kopertis/Muhammad Adie Karya)
 

"Dengan hadirnya UPZ LLDIKTI XI ini diharapkan dapat meningkatkan potensi pengumpulan zakat khususnya dikalangan akademisi," ujarnya.

Dijelaskan oleh Rusdi, bahwa saat ini Baznas Provinsi Kalimantan Selatan dalam salah satu programnya  yakni telah memberikan beasiswa kepada 60 mahasiswa pada perguruan tinggi (PT) yang ada di Banjarmasin.

“Program kami dalam Baznas salah satunya memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu atau berhak dalam menerima zakat. Pengelolaan disalurkan dalam bentuk beasiswa kepada mahasiswa tersebut agar mereka dapat menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi mereka.

Oleh karena itu, kami menghimbau kepada PT yang ada di Provinsi Kalsel segera juga membentuk UPZ di PT masing-masing. Agar kita dapat bersinergi dalam pengelolaan dana zakat untuk khususnya pada pendidikan tinggi” jelas Rusdi

Seirama dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Baznas Provinsi Kalsel, Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimatan juga menyampaikan ucapan terimakasih dan sangat setuju dengan pembentukan UPZ.

Ia menyampaikan bahwa Zakat, Infaq dan Sedekah merupakan salah satu bentuk perwujudan ibadah yang ditujukan pada masyarakat yang berhak menerimanya atau masyarakat yang membutuhkan.

 “Pengukuhan ini merupakan salah satu legal standing kami dalam melakukan pengumpulan zakat, semoga dengan adanya UPZ LLDIKTI Wilayah XI akan membantu Baznas Kalsel dalam mengumpulkan dan mengelola dana zakat," Ujar Prof Udiansyah.

 Humas LDIKTI Wilayah XI Kalimantan/Muhammad Adie Karya

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019