Dua penyelam Polres Tanah Bumbu mengikuti pemecahan rekor dunia menyelam di Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (3/8). Mereka adalah AKP Parman dan Bripka Meisarah yang berhasil mengharumkan nama Banua Kalsel sebagai perwakilan Tim Divers Polda Kalsel yang ikut dalam event akbar itu.

"Alhamdulilah kami bisa ikut berpartisipasi. Kerja keras dalam berlatih akhirnya bisa terbayar lunas dengan raihan medali Guinness World Record," ucap Parman.

Menariknya kedua anggota Polres Tanah Bumbu ini merupakan pimpinan dan anak buah di Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud).

Parman diketahui menjabat Kasat Polairud Polres Tanah Bumbu. Sedangkan Meisarah jadi satu-satunya Polwan di Satpolairud yang bermarkas di Jalan Pelabuhan Kodeco No 01 Desa Tungkaran Pangeran, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu tersebut.
AKP Parman saat melakukan penyelaman di perairan kawasan Megamas, Manado. (antarakalsel/foto/ist)


Atas keberhasilan mengikuti pemecahan rekor dunia di bidang maritim itu, Parman menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Tanah Bumbu AKBP Kus Subiyantoro yang selama ini telah mendukung penuh.

Kemudian juga tak kalah besarnya support dari Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Rinny Yazid Fanani, sehingga Tim Divers Polda Kalsel dapat menorehkan tinta emas pada event gelaran Organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) itu.

Bahkan, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan istri menyemangati para penyelam Kalsel dengan hadir di perairan kawasan Megamas, Manado, yang jadi lokasi kegiatan.
Diketahui Guinness World Record yang dicetak adalah tiga rekor sekaligus. Yaitu rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air (Longest Human Chains Underwater). Dimana ratusan penyelam berhasil bergandengan tangan tanpa terputus selama lebih dari 7 menit di laut biru itu.

Kemudian rekor penyelaman massal terbanyak (Most People Scuba Diving) dan pembentangan bendara terbesar di bawah air (Largest Unfurled Flag Underwater).

Sebanyak 3.100 penyelam berpartisiapsi dalam event memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-74 itu, termasuk Ketua WASI Tri Tito Karnavian yang sekaligus selaku inisiator.

Turut hadir juga Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang ikut menyelam memberikan ucapan selamat kepada para partisipan yang sebagian besar adalah anggota Polri.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019