Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews.Kalsel) - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat pada hari pertama di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Selatan berjalan tertib dan lancar.

Ketua Panitia UN tingkat SMP dan sederajat Kalsel, Amka di Banjarbaru, Senin mengatakan, pihaknya mendapat informasi baik dari panitia UN maupun kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota se Kalsel.

"Kami menghubungi panitia UN di daerah termasuk kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota yang melaporkan pelaksanaan UN tingkat SMP dan sederajat berjalan tertib dan lancar," ujarnya.

Ia mengatakan, kelancaran pelaksanaan UN tingkat SMP dan sederajat tidak terlepas dari distribusi naskah soal ujian yang sudah dikirim ke kabupaten dan kota satu hari sebelum pelaksanaan ujian.

Menurut Amka yang juga menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, tersedianya naskah soal ujian itu mendukung kelancaran ujian sehingga tidak terjadi hambatan atau penundaan seperti UN tingkat SMA sederajat.

"Naskah soal ujian lengkap dan tidak ada satu daerah pun yang melaporkan kekurangan naskah soal sehingga ujian hari pertama berjalan sesuai jadwal dan lancar tanpa hambatan," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya mengharapkan ujian hari kedua hingga hari terakhir Kamis (25/4) juga dapat berjalan lancar dan tidak lagi diwarnai kekurangan soal ujian karena seluruh naskah soal sudah di distribusikan.

"Hambatan yang mungkin terjadi adalah kekurangan naskah soal karena siapa pun tidak boleh membuka kotak pembungkus naskah soal kecuali saat mengambil naskah soal sebelum dikirim ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Ditambahkan, naskah soal ujian disimpan di markas kepolisian baik di kepolisian resor (polres) tingkat kabupaten dan kota maupun kepolisian sektor (polsek) atau tingkat kecamatan sehingga terjamin keamanannya.

"Seluruh naskah soal ujian disimpan di markas kepolisian baik di polres maupun polsek sehingga kerahasiaan maupun keamanan terjamin apalagi disimpan di ruangan khusus yang kuncinya dibedakan," katanya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013