Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews.Kalsel) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menargetkan siswa-siswi peserta Ujian Nasional (UN) Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di "Bumi Saijaan" Kotabaru tahun pelajaran 2013 lulus 100 persen.

"Walaupun ada sedikit masalah pendistribusian soal untuk wilayah Indonesia Bagian Tengah termasuk Kalsel, peserta UN tingkat SMP sederajat tetap bersemangat mengerjakan soal-soal UN," kata Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru H Murdianto di Kotabaru, Senin.

Ia menjelaskan pihaknya tetap menargetkan seluruh peserta UN di Kotabaru dapat lulus 100 persen. Hal itu berdasarkan semangat dan antusias peserta UN menjawab soal.

Selain itu, pelaksanaan UN untuk SMP sederajat relatif berjalan sesuai rencana, karena sebelum pelaksanaan UN, semua naskah soal sudah didistribusikan ke seluruh SLTP yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Sehingga UN bisa terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, lanjut Muridanto.

Penilaian kelulusan, ujar dia, saat ini lebih baik dari sebelum-sebelumnya, karena ada rumusan khusus yang sudah ditetapkan, sehingga sangat mendukung kelulusan siswa.

Penilaian yang akan dilakukan tersebut terdiri dari nilai akhir sekolah yang berasal dari semester empat dan lima, setelah itu ditambahkan dengan dengan nilai akhir ujian nasional.

"Asalkan hasil akhir penambahan nilai tersebut diatas lima, maka sudah pasti siswa yang bersangkutan akan lulus," ujarnya.

Apalagi biasanya siswa yang berprestasi, nilai akhir sekolah mereka sudah pasti baik, sehingga akan sangat menopang kelulusan nantinya.

Sementara itu, mengenai soal ujian untuk semua siswa yang akan ikut disusun langsung oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebuah lembaga independen yang mempunyai kompetensi.

"Sedangkan Diknas Kotabaru hanya akan mengirimkan jumlah siswa yang akan ikut dan nantinya sejumlah itulah soal yang akan dikirimkan kembali lewat provinsi," pungkasnya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013