Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menginginkan Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar kejuaraan olahraga dayung karena daerah tersebut memiliki potensi sungai dan para atlit dayung dimiliki Batola.


“Berarti di sini harus ada kejuaraan dayung,” paparnya kepada wartawan usai menjajal olahraga dayung bersama Ketua Pencab PODSI Akhmad Wahyuni dan para atlit dayung berprestasi, Sabtu (20/7).
Baca juga: Batola kembali gelar Lomba Dayung Naga

Malam sebelumnya menteri sempat bermain bulutangkis bersama para atlit muda di GOR Ije Jela dan pagi harinya setelah melepas ratusan goweser serta menjajal olahraga dayung di Sungai Barito depan Kantor Bupati Batola.

Imam Nahrawi memuji keberadaan Kabupaten Batola yang memiliki potensi luar biasa dan  mengharapkan Sungai Barito dimanfaatkan sebagai destinasi wisata maupun destinasi olahraga air.

Dalam memanfaatkan keberadaan sungai terpanjang ini, sebut lelaki yang hobi bermain bulutangkis, ini bisa dilakukan dengan terobosan dan inovasi agar keberadaannya tak sekedar untuk lalu lalang tranportasi tongkang dan kapal namun juga menjadi sarana olahraga dayung maupun renang.

Menteri mengaku senang atas perhatian Pemprov Kalsel dan Pemkab Batola dengan terus mendorong para atlit dalam kegiatan olahraga yang berdampak menghidupkan suasana keolahragaan, peningkatan perekonomian, serta pertumbuhan wisata.
Baca juga: Ketua KONI harapkan batola gudangnya atlet dayung

“Melalui cara-cara ini daerah menjadi berkembang dan akan menjadi rujukan masyarakat untuk berkunjung karena ada wisata alamnya, wisata olahraganya, atau wisata budayanya,” paparnya.

Bagaimana soal pembangunan kolam renang? “Semoga setelah ini bisa didorong lagi. Sebenarnya ini juga terkait pihak swasta. Dari pada hanya lalu lalang di sini gimana kalau sebagian CSR-nya diperuntukan untuk pembangunan sarana olahraga, mestinya bisa,” ucapnya.

Menanggapi rencana pembangunan GOR Tipe B, menurut Menpora, GOR berskala internasional multifungsi yang bisa digunakan untuk olahraga bulutangkis, bola volly, basket dan segala jenis olahraga indoor ini rencananya dibangun di tahun 2020 mendatang.
Baca juga: Tim Dayung Batola Borong Emas

“Doakan saja semoga berhasil, kita menyiapkan standarnya. Pembangunannya nanti lewat Bappenas dan Menkeu,”tandasnya.
Menpora RI Imam Nahrawi mengunjungi pelatiha dayung di Kabupaten Batola, Sabtu (20/7).Foto:Antarnews Kalsel/Humas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019