Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi menginginkan nilai-nilai pramuka bisa jadi bagian integral dari proses pendidikan.

Hal itu dikatakannya pengukuhan dan pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamagibus) dan pembina gugus depan 02-095 dan 02-096 beserta jajaran periode tahun 2019-2021, Pramuka ULM.

Sutarto mengakui, saat ini nilai-nilai pramuka hanya diambil sepotong-potong dalam proses pendidikan. Padahal menurutnya, merevitalisasi program-program yang sudah ada juga merupakan opsi bisa dilakukan.

Baca juga: ULM buka jalur khusus penghafal Alquran

Rektor yang dilantik sebagai Ketua Magibus berbagi pengalaman saat melihat pendidikan dasar di Jepang dan di Pondok Pesantren Gontor.

Anak-anak tingkat Sekolah Dasar di Jepang tidak hanya pintar secara akademik, tapi juga sikap dan perilaku. Hal itu terjadi karena siswa di Jepang sudah diajarkan tentang disiplin, tanggung jawab dan menghormati hak orang lain.

Hal yang sama juga dia temukan di Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo, Jawa Timur. Santri di sana mengelola kebersihan lingkungan, disiplin belajar hingga menyiapkan makan mereka sendiri. Dari kegiatan itu, para santri belajar bertanggung jawab.

"Saya melihat bahwa sebenarnya kita juga memiliki model seperti di Jepang dan Pondok Pesantren Gontor, tapi belum optimal karena tidak menjadi bagian integral dari proses pendidikan saat ini. Model tersebut adalah pramuka dan ini yang terus kita dorong kedepannya," jelas Sutarto.

Baca juga: Bekas tambang jadi sasaran ULM

Langkah pertama yang Sutarto akan lakukan dalam waktu dekat adalah mengadakan perkemahan pramuka selama tiga hari di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) ULM di daerah Mandiangin, Kabupaten Banjar untuk merumuskan bagaimana program pramuka di lingkungan ULM.

Setelah itu, direncanakan juga mengadakan perkemahan pramuka untuk mahasiswa baru angkatan 2019 maupun mahasiswa lama.

Sementara Ketua Kwartir Cabang Banjarmasin HM Irwan Anshari mengucapkan terima kasih kepada Rektor tentang rencana mengadakan perkemahan dalam waktu dekat. Selain itu juga berharap sinergi yang dilakukan bisa menghasilkan prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Turut hadir pada pengukuhan itu Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan ULM Dr Achmad Syamsu Hidayat yang turut dilantik jadi bagian dari pembina pramuka ULM.

Baca juga: ULM dampingi DPR RI tinjau budi daya lahan gambut terintegrasi

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019