Keinginan Pemkab Tabalong agar pabrik semen PT Conch South Kalimantan bisa membangun masjid di sekitar lokasi perusahaan belum juga terwujud.

 Padahal sejak 2017 Bupati Tabalong Anang Syakhfiani secara langsung meminta manajemen Conch untuk mengalokasikan dana bagi pembangunan masjid.

Menurut Manager Umum PT Conch South Kalimantan Mr Sun Chengfei melalui penerjemahnya Noraina Amalia Nunci rencana pembangunan masjid masih terkendala lahan.

Baca juga: Conch optimis minat pasar lokal meningkat

 Mengingat usulan Bupati masjid dibangun di sekitar pintu masuk pabrik sedangkan manajemen tidak bisa menyetujui karena pertimbangan keamanan serta kenyamanan.

 "Satu hari sekitar 200 truk angkutan ke luar masuk lokasi pabrik jadi tak aman jika masjid dibangun di dekat pintu gerbang," jelas Sun.

 Karena itu perusahaan asal Thionghoa ini mencoba usulkan lokasi pembangunan masjid ke tempat yang lebih aman.

Sejauh ini Conch telah menyiapkan beberapa tempat untuk karyawannya melaksanakan ibadah dan sholat Jum'at ada ijin khusus ke luar pabrik.

Baca juga: Conch serahkan dana CSR untuk siswa Tabalong

Sebelumnya Bupati Tabalong Anang Syakhfiani melakukan kunjungan kerja ke pabrik semen untuk meminta kejelasan rencana pembangunan masjid.

Saat itu Anang bertemu langsung pimpinan PT Conch South Kalimantan Yan Jia Cheng dan merespon keinginan pemerintah daerah.

Namun hingga saat ini belum direalisasikan karena terkendala belum adanya kesepakatan lokasi masjid.

Baca juga: Bongkar Muat Semen Di Jalan Lingkar Ganggu Masyarakat

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019