Polres Hulu Sungai Utara  meluncurkan aplikasi berbasis teknologi informasi bernama "Si Langkar" untuk meningkatkan pelayanan Kepolisian, masyarakat yang menggunakannya seakan menghadirkan polisi hanya di genggaman smartphone.

"Sesuai dengan kepanjangannya dari nama Si Langkar yaitu sistem informasi layanan gangguan kamtibmas yang akurat dan responsif, kami ingin selalu ada kapan pun dan dimanapun saat masyarakat membutuhkan," kata Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP Ahmad Arif Sopiyan di Amuntai, Selasa.

Baca juga: Bupati melantik empat pejabat baru
Adapun fitur unggulannya adalah tombol panik. Dimana masyarakat tinggal menekannya, maka dengan segera polisi merespon.

Begitu juga dengan fitur "Lapor", masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor polisi untuk melaporkan sesuatu, hanya cukup menekannya, bantuanpun tiba sesuai laporan yang masuk.

"Selesai laporan ditangani, masyarakat dapat memberikan "feedback" dan nilai indeks kepuasan untuk bahan evaluasi kami jadi lebih baik lagi kedepannya," kata Arif Sopiyan.

Kemudahan lainnya yang dapat dirasakan pengguna aplikasi Si Langkar manfaatnya yaitu adanya pendaftaran untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Pengisian formulir secara online melalui aplikasi untuk SIM dan SKCK tersebut, dapat memangkas waktu pelayanan ketika datang ke Polres.
Baca juga: Bupati melantik empat pejabat baru
 
Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan saat memberikan penghargaan kepada Bupati HSU Abdul Wahid atas partisipasi aktif membantu kinerja Polres HSU. (antara/foto/ist)


Kemudian ada juga Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) online, sehingga setiap saat masyarakat dapat mengeceknya cukup di handphone

Seperti diketahui, SP2HP merupakan hak bagi pelapor dalam hal menjamin akuntabilitas dan transparansi penyelidikan atau penyidikan, dimana penyidik wajib memberikan SP2HP kepada pihak pelapor baik diminta atau tidak diminta secara berkala.

"Sesuai dengan moto Polres HSU yaitu hebat sigap untuk masyarakat, dengan adanya aplikasi Si Langkar ini diharapkan kami dapat selalu memberikan yang terbaik untuk warga di Bumi Bertakwa," kata Arif Sopiyan.

Baca juga: Ahmad Barkati Kembali Nahkodai KONI HSU

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019