Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani melakukan panen padi perdana di Kelurahan Sungai Ulin yang mampu menghasilkan tanaman padi dengan produktivitas dan kualitas yang memuaskan. 

Panen padi yang dilaksanakan Selasa di Kelurahan Sungai Ulin juga dihadiri Ketua TP PKK Banjarbaru Ririen Nadjmi Adhani, Dandim 1006 Martapura, Kapolres Banjarbaru dan undangan dinas instansi terkait. 

"Selamat kepada kelompok tani Karya Makmur yang berhasil panen padi lokal jenis Unus Mutiara dan Karang Dukuh. Mudah-mudahan panen selanjutnya semakin banyak dan melimpah," ujar wali kota. 

Ia mengatakan, kelompok tani yang berdomisili di lingkungan RT 23 Kelurahan Sungai Ulin telah berhasil menanam padi diatas lahan seluas 1 hektare dan mampu menghasilkan padi lokal yang berkualitas. 

"Kami bangga karena kelompok tani bisa mengolah lahan dan bekerja penuh semangat sehingga luasan lahan 1 hektare mampu memanen padi sebanyak 4,8 ton padi di masa musim kemarau ini," ungkapnya. 

Dikatakan, Banjarbaru menggalakan tanaman holtikultura dan sudah berhasil menanam melon, tomat cabe dan tanaman lain yang telah dilakukan Dinas KP3 Banjarbaru di sejumlah wilayah.

"Kami berharap, hasil pertanian Kota Banjarbaru baik padi maupun jenis tanaman hortikultura lainnya bisa semakin dikembangkan sehingga meningkatkan kesejahteraan petani yang menanamnya," kata dia. 

Wali kota usai panen perdana itu, menyerahkan kartu peserta anggota kelompok tani yang bekerja sama dengan perbankan yang fungsinya untuk mendapatkan pupuk dan bibit bersubsidi bagi kelompok tani.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019