Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry,meresmikan penggunaan bus sekolah gratis dari CSR PT Antang Gunung Meratus (AGM) untuk para pelajar rute Bangkau – Kandangan - Bangkau, yang dilaksanakan di Desa Bangkau, Kecamatan Kandangan.

Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, di Bangkau, Senin (15/7), mengatakan bus sekolah yang dilaunching merupakan bus sekolah keenam yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten(Pemkab) HSS.

"Ini wujud telah diimplementasikannya janji Bupati dan Wakil Bupati HSS sesuai dengan RPJMD Kabupaten HSS 2018 -2023, bus sekolah ini adalah CSR dari PT.Antang Gunung Meratus yang ketiga dalam upaya untuk memberikan kemudahan kepada pelajar menuju sekolahnya," katanya, saat menyampaikan laporan.

Dijelaskan dia, penetapan rute Bangkau – Kandangan untuk bus sekolah yang ini dilatarbelakangi karena jauhnya jarak anak-anak yang bersekolah di tingkat SLTA menuju Kandangan.

Peresmian bus sekolah gratis rute Bangkau-Kandangan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pemkab HSS sediakan dua bus sekolah dan ferry penyeberangan Negara

Berdasarkan data yang disampaikan Camat Kandangan, di Desa Bangkau mulai RT 4 sampai di RT 1 ada sebanyak 37 orang siswa yang bersekolah di Kota Kandangan. dengan disediakannya bus sekolah ini agar bisa mengurangi biaya orang tua menyekolahkan anaknya ke kota Kandangan karena gratis.

Benar gratis tanpa ada dipungut biaya apa pun, titik start mulai jembatan garis pada Pukul 06.30 Wita, sehingga kepada pelajar agar dapat menyesuaikan dengan jadwal bus sekolah tersebut.

Bupati HSS H.Achmad Fikry, mengatakan atas nama Pemkab HSS mengucapkan terimakasih kepada PT.AGM untuk bus sekolah yang ketiga ini, dan diharapkan ada lagi angkutan-angkutan lain yang diberikan PT.AGM kepada Pemkab HSS untuk masyarakat yang ada di HSS.

"Kami harap ke depan kepada PT.AGM melalui dana CSR memberikan bus yang berukuran kecil untuk wilayah Daha, karena jalan di wilayah Daha masih kecil," katanya, saat memberikan sambutan.

Menurut dia, bus ini adalah salah satu harapan masyarakat kepada yang telah disampaikan kepada pihaknya saat kampanye setahun yang lalu, sebelum menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023.

Peresmian bus sekolah gratis rute Bangkau-Kandangan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Angkutan bus sekolah gratis inovasi Kabupaten HSS

Manfaat adanya bus sekolah agar mengurangi biaya sekolah dalam transportasi karena bus ini gratis dan dianjurkan bagi pelajar yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor) yang belum mempunyai SIM agar menggunakan bus sekolah yang diresmikan hari ini, karena bagi pelajar yang belum memiliki SIM tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor.

Untuk Camat Daha Selatan ia berpesan agar pelajar yang berada di wilayah Daha Selatan yang ada bersekolah di Kota Kandangan, silahkan saja ikut bus sekolah dengan mendatangi titik start rute keberangkatan bus sekolah.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS H.M.Noor, Direktur External Affair PT.AGM Yayan Suryana, para kepala OPD, Camat Kandangan Ronaldy Prana Putra, Camat Daha Selatan Akhmad Sapuan, Kepala Desa Bangkau dan warga masyarakat sekitar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019