Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H AchmadFikrymenyampaikan presentasi di depan tim penilaipenghargaan Wahana Tata Nugraha(WTN) untuk Kabupaten HSS tahun 2019, bertempat di Aula Hotel Alila, Jakarta.

Ia mengatakan, angkutan Bus sekolah gratis menjadi salah satu inovasi Kabupaten HSSsebagai solusi untuk mengurangi pengendara roda dua, terlebih bagi anak-anak sekolah yang jelas masih belum memenuhi persyaratan mendapatkan SIM dan juga dapat menjaga keselamatananak sekolah di jalan.

"Penghargaan bukanlah fokus tujuan, kita harus terus bekerja dan bekerja untuk masyarakat di Kabupaten HSS, tapi saat pemerintah pusat memberikan penghargaan kita harus buktikan Kabupaten HSS layak untuk mendapatkannya," katanya.

Presentasi penilaian WTN tahun 2019 (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Daerah agar gali potensi, keunikan serta kearifan lokal untuk inovasi

Dijelaskan dia, pihaknyatidak mengejar penghargaan akan tetapi apabila penghargaan bisa diraih nantinya akan ada nilai Rupiah yang dikucurkan di balik penghargaan tersebut, hal ini lebih baik dalam meningkatkan APBDKabupatenHSS dibandingkan Pemkab HSSmengais pendapatan dari PKL yang nilainya tidak seberapa.

Penghargaan WTN adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik dan penghargaan ini diberikan setiap tahun, biasanya pada bulan April.

Penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil, aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya.

Dan pada tahun 2019 untuk calon penerima WTN diwajibkan untuk presentasi dihadapan tim penilai dari berbagai bidang keahlian,diharapkan tahun 2019 HSS berhasil mendapatkan WTN dari Kementerian Perhubungan RI sehingga menjadi bukti HSS sejajar dan dapat bersaing hingga tingkat nasional.

Presentasi penilaian WTN tahun 2019 (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS harapkan tidak ada euforia berlebihan pascapemilu

Presentasi penilaian diawali pengantar awal kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel H. Rusdiansyah, yang menyampaikan bahwa KabupatenHSS adalah kabupaten yang selalu berkoordinasi dan berkomunikasi aktif pada setiap kesempatan.

Turut hadir, Kasat Lantas Polres HSSApriyansaS, para kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, jajaran Dinas Perhubungan KabupatenHSSyang juga ikut mendengarkan pertanyaan, saran dan tanggapan tim penilai usai presentasi dari Bupati HSS.

Presentasi penilaian WTN tahun 2019 (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019