Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Banjarmasin melakukan sosialisasi kepada orang tua murid siswa kelas XII terkait pelaksanaan Ujian Nasional atau UN pada tanggal 15-18 April 2013.

Kepala Sekolah MAN 3 Banjarmasin, Adnan di Banjarmasin Senin, mengatakan sosialisasi kepara para orang tua atau wali murid terkai pelaksanaan UN 2013 itu dianggap perlu karena berbeda dengan tahun 2012.

"Kami merasa perlu mengundang para bapak atau ibu orang tua dan wali murid kelas XII terkait pelaksanaan Ujian Nasional yang dimuali 15 April nanti karena banyak perbedaan dengan ujian 2012," kata Adnan.

Ditengah para orang tua murid itu Adnan menerangkan diantara perbedaan itu pelaksanaan UN 2013 lebih pagi dimulai pada pukul 07.30 Wita dan berakhir pukul 12.30 Wita.

Selain itu setiap lembar soal memiliki barkode sehingga tidak ada yang sama.

"Setiap peserta UN harus hati-hati dalam menjawab soal karena kalau terjadi kesalahan pada lembar jawaban maka akan diganti dengan lembar jawaban yang baru dan soal yang baru juga," kata Adnan.

Selain itu tambah Adnan soal lebih banyak lagi yaitu 20 paket yang dibagi setiap ruang, artinya tiap peserta akan mendapatkan isi teks soal yang berbeda dengan yang lainnya.

Adnan berharap para orang tua murid dapat mendorong bersiapan yang maksimal pada anak-anak sehingga pelaknaan UN 2013 dapat berjalan lancar dan dapat menjawab dengan mudah.

Selain itu menganjurkan pada anak-anak mereka untuk rajin belajar dan mengulang pelajaran selama waktu tersisa sekitar 10 hari lagi  serta menjaga kesehatan agar dapat mengikuti UN selama empat hari.

Seperti diketahui Soal Ujian Nasional jenjang SMA/MA/SMK akhir-akhir ini mengalami perubahan jumlah paket/variasi soal tiap ruang, mulai dari dua paket yang berbeda namun isi soal sama hanya beda urutan soal saja yang berbeda tiap paket, kemudian lima paket soal yang mengalami tipe.

Tipe pertama dari 5 paket soal yang berbeda hanya urutan soal yang diacak, kemudia tipe kedua dari 5 paket memang berbeda teks soalnya namun mempertahankan bobot dan materi soal yang sama.

Pewarta: Asmuni K

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013