Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor ingin mencari anak-anak berbakat bermain futsal dari panti asuhan dengan menggelar secara khusus liga futsal antar panti asuhan se-Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Surya Futsal Banjarmasin.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Hermansyah di Banjarmasin, Sabtu, liga futsal antar panti asuhan piala Gubernur Kalsel ini sangat diminati,  sudah ada 22 tim yang mendaftar.

"Satu tim itu kan ada lima belas pemain, jadi luar biasa antusiasnya ini," tuturnya.

Menurut dia, besar kemungkinan pembukaan liga futsal antar panti asuhan ini akan langsung dihadiri Gubernur Kalsel Paman Birin, sapaan akrabnya.

"Sebab digelarnya liga ini atas keinginan beliau untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak panti asuhan menunjukkan bakat mereka agar bisa menjadi atlet hebat," ujarnya.

Diungkapkan dia, bahwa Gubernur Kalsel sangat besar perhatiannya terhadap bidang olahraga, di mana semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali anak-anak di panti asuhan diberikan kesempatan untuk bisa menjadi atlet nasional.

"Makanya, liga futsal ini juga akan dipantau pelatih-pelatih futsal daerah, kalau ada yang terlihat berbakat, bisa dibina selanjutnya," papar Hermansyah.

Bahkan, kata dia, Dispora Kalsel sebagai pembina atlet berprestasi juga akan ikut mendorong agar anak-anak panti asuhan yang memiliki bakat hebat bermain futsal ini bisa masuk klub-klub hebat pula di daerah.

"Sebab dari liga ini kita ingin ada didapat bibit-bibit berbakat atlet daerah yang bisa diterjunkan ke ajang nasional, misalnya nanti di Pekan Olahraga Nasional (PON)," ucapnya.

Karena, lanjut dia, bisa saja ada "mutiara" berbakat atlet nasional dari daerah ini terpendam di panti asuhan, hingga harus digali pula di sana.

Menurut dia, Gubernur Kalsel ingin menggelar kegiatan ini tidak hanya memberikan kebahagiaan dan hiburan bagi anak-anak panti asuhan yang kebanyakan memang dari orang tak berada bahkan yatim piatu, tapi juga ingin memberikan jalan bagi masa depan mereka bisa berprestasi di bidang olahraga.

"Jadi ini kesempatan bagus sekali bagi anak-anak panti asuhan, sebab gelar semacam ini baru kali ini ada, ini sebuah perhatian khusus dari Gubernur terhadap mereka, jadi jangan sampai dilewatkan, harus tunjukkan kemampuan, biar semua tahu, bahwa anak-anak panti asuhan memiliki banyak bibit berprestasi yang bisa mengharumkan nama daerah bahkan bangsa," katanya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019