Pemerintah daerah Tanah Bumbu, periode 2019 memberangkatkan sebanyak 245 Jamaah Calon Haji (JCH) yang dibagi menjadi dua kelompok terbang (kloter).

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu, Abdul basid, di Batulicin, mengatakan, untuk kloter 17 sebaanyak 222 jamaah calon haji yang tergabung dengan rombingan jamaah dari Kota Banjarbaru.
Sedangkan kloter 19 ada 23 jamaah dan semuanya sudah lanjut usia (lansia).

"Total wilayah yang paling berkontribusi menyumbang jamaah ada dua kecamatan dari 10 kecamatan di "Bumi Bersujud"," kata Abdul Basid.

Dia mengatakan, dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kusan Hilir mencapai 91 jamaah dan Simpang Empat 72 jamaah dan sisianya terbagi di seluruh kecamatan.

Tahun ini pemerintah Indonesia mendapat tambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi sekitar 10.000 orang dan khususnya untuk Tanah Bumbu mendapat tambahan kuota 23 orang.

Dari tambahan kuota tersebut sudah terisi oleh calon jamaah haji yang masuk dalam kloter 19 dan rencananya akan diberangkatkan pada 17 juli dan masuk Asrama Haji pada 18 juli 2019.

Para calon jamaah haji sudah mengikuti kegiatan manasik yang diselenggarakan oleh pemerintah Tanah Bumbu. Dan diharapkan para jamaah dapat menjaga kesehatannya masing-masing.

"Alhamdulillah segala kegiatan terkait persiapan haji bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak ada jamaah calon haji yang batal keberangkatannya," ujarnya.

Keseluruhan jumlah jamaah calon haji di Tanah Bumbu ada 245 jamaah dan yang lanjut usia sekitar 23 jamaah. Khususu untuk jamaah yang sudah lanjut usia akan mendapatkan pendamping khusus untuk lemgawasan kesehatannya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019