Oleh: Herlina Lasmianti

Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 594 siswa di Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti Ujian Nasional Program Paket C bersamaan dengan UN tingkat sekolah menengah atas pada 15 sampai 18 April.

Pelaksanaan Ujian Nasional(UN) 2013 Program Kesetaraan Paket C itu digelar bersamaan dengan UN tingkat sekola menengah atas (SMA), kata Kepala Seksi Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Tabalong Abdurahman di Tanjung, Jumat.

"Peserta UN Program Kesetaraan Paket C memang cukup banyak termasuk yang dikelola pondok pesantren," jelas Abdurahman.

Siswa program tersebut yang dikelola pondok pesantren sebanyak 116 siswa dan 478 siswa melalui dinas pendidikan.

Sementara peserta UN Program Kesetaraan Paket B di Tabalong sebanyak 785 siswa dengan jadwal pelaksanaan 22 sampai 24 April.

"Pelaksanaan UN baik Program Paket C dan B, sesuai jadwal UN tingkat SMA dan SMP, hanya saja waktu pelaksanaannya sore hari," tambah Abdurahman.

Sebelumnya sejumlah pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Tabalong juga telah melaksanakan uji coba UN bagi peserta program kesetaraan paket C.

Menurut Ika Rahmawati, salah satu pengajar di PKBM Amal Saleh Kecamatan Murung Pudak, untuk melakukan uji coba mereka memanfaatkan soal UN tahun lalu.

"Karena dana untuk uji coba cukup minim, kami hanya memanfaatkan soal UN tahun lalu sebagai ajang latihan bagi peserta Program Paket C sekaligus mengajarkan cara mengisi lembar jawaban," jelas Ika.

Jumlah siswa di PKBM Amal Saleh yang akan mengikuti UN sebanyak 50 orang dengan rincian 34 laki-laki dan 16 perempuan dengan dukungan dana dari APBD II.

Selain Kecamatan Murung Pudak, PKBM yang akan melaksanakan UN Program Kesetaraan Paket C yakni Kecamatan Tanta, Banua Lawas, Upau, Haruai, Jaro, Kelua dan Muara Uya.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013