Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat bakal menggelar festival kelotok  hias untuk memeriahkan  Peringatan ke 26 Hari Keluarga Nasional yang dilaksanakan pada 4--6 Juli 2019 di Banjarmasin.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Khuzaimi, di Banjarmasin, Selasa, mengatakan, hingga saat ini persiapan festival kelotok di Sungai Martapura sudah hampir 90 persen.

Menurut Khuzaimi, ada sebanyak 34 unit kelotok hias yang akan menampilkan beragam kebudayaan daerah sebagai ciri khas provinsi di Nusantara peserta Harganas, yang bakal digelar pada  pada Rabu malam (3/7).

"Kita memfasilitasi kelotoknya, tetapi para peserta Harganas dari 34 provinsi yang mendesainnya, sesuai khas daerahnya," papar Khuzaimi.

Dia memaparkan, saat ini proses menghiasi kelotok yang merupakan transportasi khas di Sungai Martapura itu sedang dilakukan, sehingga pada hari pelaksanaan sudah bisa diselesaikan.

"Kelotok--kelotok tersebut  akan dilengkapi lampu hias nantinya, sehingga terlihat  indah di malam hari di sungai Martapura, sebagaimana festival tanglong di sungai Martapura yang biasa digelar setiap tahunnya," katanya.

Menurut dia, titik kumpul pelaksanaan festival di objek wisata siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean, atau depan menara pandang.

"Yang kita konsen lakukan saat ini bagaimana penyelenggaraan bisa sukses dan meriah, sebab semua provinsi akan hadir," ujarnya.

Pemkot Banjarmasin, tambah dia, sangat serius menyukseskan puncak Harganas yang diselenggarakan di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru ini, karena acara ini sebagai momentum untuk mempromosikan pariwisata daerah.

"Momen ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, untuk mempromosikan daerah kita sebagai kota sungai terindah di Indonesia," katanya.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019