Bupati HST H A Chairansyah didampingi Ketua TP PKK HST Hj Ernawati melepas sanggar Bima Cili, Desa Tatah Barikin, Kecamatan Haruyan yang mewakili Kalimantan Selatan (Kalsel) pada event Gelar Tari Remaja 2019 di Jakarta, Minggu (30/6) di Lapak Seni Dwi Warna Barabai.

Sanggar tari tersebut berhasil menjadi juara pada event tari tingkat Provinsi Kalsel dan akan berlaga di Gedung Kesenian Jakarta pada tanggal 4 Juli 2019 mendatang.

Chairansyah merasa bangga sebagai orang banua bisa tampil pada event Nasional tersebut yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Semoga dengan mengikuti kegiatan tersebut, para pegiat seni terutama tari di HST lebih dikenal masyarakat luas," harapnya.

Dia yakin, orang Bumi Murakata sangat peduli dengan kesenian, untuk itu dia mengajak bersama-sama mengembangkannya.

Karena menurutnya, banyak putra-putri daerah yang potensial dan peduli terhadap seni.

"Terbukti apa yang diraih sanggar Bima Cili tatah barikin bisa mewakili Kalsel pada ajang tingkat Nasional," bebernya.

Penggarap seni tari Malamang Aruh, Anshari mengungkapkan, dia bersama tim terdiri 6 orang penari dan 7 orang pemusik ditambah 1 orang pimpinan sanggar akan tampil di Jakarta pada tanggal 4 Juli 2019 yang di ikuti 33 provinsi se-Indonesia.

Seni tari remaja yang akan ditampilkan mengangkat seni budaya dan adat masing masing daerah.

Dikatakannya lagi, tari Malamang Aruh diangkat sebagai simbol aruh adat Dayak Meratus yang masih dilestarikan sampai sekarang,  karena ada nilai nilai kegotong royongan dan kebersamaan yang selalu terjaga.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019