Polda Kalimantan Selatan melakukan mutasi besar-besaran kepada 490 anggota untuk berganti bidang tugas dan jabatan dari pangkat brigadir hingga perwira.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di Banjarmasin Rabu mengatakan, rotasi tugas itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Kalsel Nomor ST/759 tahun 2019 untuk mutasi Perwira Pertama (Pama) dan Perwira Menengah (Pamen) serta Surat Telegram Kapolda Kalsel Nomor ST/760 tahun 2019 untuk brigadir dan ASN Polri.

"Untuk brigadir 289 orang, cukup banyak didominasi para bintara muda yang baru saja bertugas setelah lulus pendidikan untuk penempatan. Sedangkan pergeseran 201 perwira termasuk mengisi jabatan yang ditinggalkan mereka yang lulus pendidikan Sespimmen," terang Rifa'i di Banjarmasin, Rabu.

Diketahui sebelumnya ada delapan Pamen di jajaran Polda Kalsel yang lulus pendidikan Sespimmen tahun 2019 ini. Jabatan mereka yang kini kosong pun bakal terisi setelah adanya Surat Telegram Kapolda Kalsel tertanggal 18 Juni 2019 tersebut.

Seperti Kasat Resnarkoba Polresta Banjarmasin Kompol Herry Purwanto digantikan Kompol Wahyu Hidayat yang sebelumnya Kanit 2 Subdit 1 Ditresnarkoba.

Kompol Awilzan yang melepas jabatan Kabag Ops Polresta Banjarmasin diisi Kompol Rizali dari Ditresnarkoba Polda Kalsel.

Kemudian Kompol Windy Syafutra, jabatan Kasat Polair Polresta Banjarmasin digantikan AKP John Louis Letedara dari sebelumnya Kasat Polair Polres Barito Kuala.

Selanjutnya Kompol Henry Novika Chandra yang melepas Kasi BPKB Ditlantas digantikan Kompol Tuschad Cipta Herdani dari Kasubbag Diapers Bagdalpers Biro SDM.

AKBP Lilik Istiyono, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas digantikan AKBP Haris dari Kasubdit Kamsel Ditlantas.

Kompol Feri Renaldo Sitorus, Kasi Yanmin Ditintelkam digantikan Kompol Mohammad Fihim dari Kabag Ops Polres Tapin.

Kompol Didik Subiyakto yang meninggalkan Wakapolres Tanah Bumbu digantikan Kompol Arief Prasetya dari Wakapolres Kotabaru.

Sedangkan Wakapolres Kotabaru yang baru diisi Kabag Ops Polres Tanah Bumbu Kompol Doli Martua Tanjung.

Sementara Wakapolres Tanah Laut Kompol Ade Nuramdani diisi Kompol Fauzan Arianto yang sebelumnya Kabag Ops Polres Tanah Laut. 

Adapun jabatan menonjol lainnya yang juga berganti, yakni Wakapolres Tapin Kompol Deddi Daniel Siregar menjadi Kanit 2 Subdit 1 Ditresnarkoba.

Posisi Tapin 2 diisi Kompol Iwan Hidayat dari Wakapolres Banjarbaru dan Kompol Andik Eko Siswanto dari Kasubbag Selek Bagdalpers Biro SDM jadi Wakapolres Banjarbaru selanjutnya.

AKP Sigit Prihanto yang memegang PS Kapolsekta Banjarmasin Tengah selama 1 tahun 3 bulan digeser menjadi Kasubbag Selek Bag Dalpers Biro SDM digantikan AKP Irwan Kurniadi dari PS Kabag Ops Polres Balangan.

Berdasarkan perintah dari isi surat mutasi yang ditandatangani Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Defrian Donimando atas nama Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani itu, anggota yang namanya masuk dalam pergeseran tersebut diminta menempati bidang tugas yang baru paling lambat 7 hari kedepan.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019