Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta membuka sosialisai Aplikasi SI KITA, di Ruang Rapat Barakat Kantor Sekretariat Daerah Tanah Laut, Kamis (13/6).

Menurut Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Tanah Laut H Bambang Kusudarisman, Aplikasi SI KITA E-Rakor  merupakan  aplikasi sistem informasi  koordinasi berbasis android untuk membantu memudahkan penjadwalan, pengagendaan, pencatatan, dokumentasi dan tindak lanjut hasil rapat koordinasi.

"Aplikasinya dapat di download di play store dengan nama SI KITA dan bisa dibuka di situs www.sikita.tanahlautkab.go.id,"ujarnya

Bambang juga menambahkan,  apa yang dibahas dalam rapat koordinasi harus ditindaklanjuti dan tercatat di aplikasi tersebut.

"Jika ada suatu tugas ke salah satu SKPD yang tidak ditindaklanjuti, maka  akan ketahuan melalui aplikasi ini," terangnya .

Dijelaskannya, Kabupaten Tanah Laut boleh  berbangga karena menjadi kabupaten/kota yang pertama menggunakan sistem aplikasi tersebut.

"Untuk provinsi penggunaan aplikasi SI KITA  ini yang pertama Provinsi Sumatera Utara,  namun  untuk kabupaten/kota kita yang pertama," pungkasnya

Sementara itu,  Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan, aplikasi SI KITA akan  meningkatkan efisiensi, kecepatan dan efektifitas kerja.

"SI KITA ini akan meningkatkan sinkronisasi dan sinergitas seluruh SKPD, tanpa sinergitas kita tidak akan pernah mencapai satu tujuan,"tegasnya.

Sukamta juga mengatakan,  dengan aplikasi tersebut  pihaknya dapat mengetahui apakah ada tindak lanjut dan hasil dari rapat koordinasi yang dilaksanakan.

"Nanti semuanya ditindaklanjuti dan akan diinput di aplikasi, sehingga dapat diketahui bersama.  Jika tidak mampu menindaklanjuti, maka akan kita bantu," terangnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Laut  juga mengingatkan,  kepada seluruh peserta sosialisasi maupun  Aparatur Sipil Negara (ASN)  harus dapat bekerja mengikuti perkembangan digital.

"Saat ini sudah era digital,  kita harus ikut mengikuti kecanggihan.  Handphone kita bukan cuma untuk mengirim pesan, namun dapat mengendalikan pemerintahan melalui handphone,” tutupnya.

Dalam sosialisasi Aplikasi SI KITA tersebut turut hadir para Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tanah Laut, Camat se Tanah Laut serta para tamu undangan lainnya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019