Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi mengingatkan calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 agar dapat rasional dalam memilih Program Studi (Studi) sehingga peluang diterima semakin besar.

"Pertimbangkan skor yang diraih pada saat U Ujian Tulis Berbasis Komputer (TBK), di samping minat ingin mendaftar di prodi apa. Jadi peluangnya bisa diprediksi sendiri," kata Sutarto di Banjarmasin, Rabu.

Dia mengakui  saat ini persaingan masuk ULM sangat ketat karena status akreditasi A yang disandang ULM menjadi daya tarik orang seluruh Indonesia untuk kuliah di perguruan tinggi terbesar di Kalimantan Selatan itu.

"ULM sekarang masuk jajaran nasional perguruan tinggi unggul yang diminati calon mahasiswa dari berbagai penjuru nusantara," ujarnya.

Meski begitu, Sutarto meyakinkan calon mahasiswa di Banua Kalimantan Selatan khususnya, harus tetap optimis bisa bersaing.

Karena, menurut dia, persaingan makin ketat itu hal yang wajar seiring meningkatkan mutu sebuah perguruan tinggi akanl diiringi minat tinggi orang untuk bisa mengeyam pendidikan di ULM.

Di sisi lain, Sutarto juga menggarisbawahi jika hal terpenting adalah mendaftarkan diri terlebih dahulu, terlepas dari pertimbangan atau peluang diterima atau tidak.

"Jadi jangan merasa skor rendah lalu tidak mendaftar. Karena kita tidak tahu juga berapa skor yang diterima. Semua akan di ranking sesuai kuota setiap prodi. Pokoknya daftar saja dulu dan harus optimis sembari berdoa," katanya.

Rektor ULM  juga mengingatkan agar waspada terhadap aksi penipuan yang memanfaatkan proses pendaftaran SBMPTN. Misalnya ada oknum menjanjikan kelulusan dengan mengaku kenal dengan rektor dan sebagainya lalu meminta sejumlah uang.

"Proses SBMPTN ini sangat terbuka dan di bawah koordinasi  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT). Kami sendiri di ULM tidak terlibat dan nantinya hanya menerima berapa mahasiswa yang lulus sesuai ranking berdasarkan skor dari setiap prodi," katanya.

Bagi yang tidak diterima di jalur SBMPTN pun tidak perlu khawatir, karena ULM masih ada jalur mandiri yang dibuka pendaftarannya mulai 14 Juni sampai 12 Juli 2019 mendatang.

Sementara penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN sendiri dilakukan mulai tanggal 10 sampai 24 Juni 2019. Dimana persyaratan peserta wajib memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sebelumnya sudah didapatkan.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019