Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD HSS.

Ia mengatakan, tiga raperda tersebut antara lain, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dan rencana induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten HSS. 

"Terkait Raperda pertanggung jawaban APBD HSS, kami menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak legislatif, karena atas kerjasama semua pihak HSS kembali meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-6 kalinya dalam hal pengelolaan keuangan daerah," katanya, saat menyampaikan Raperda, Senin (10/6) pagi.

Dijelaskan dia, hal ini berdasarkan penilaian yang dilakukan tim audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan selanjutnya secara ringkas juga turut disampaikan laporan keuangan daerah per 31 Desember 2018, baik tentang neraca keuangan, pengeluaran, jumlah aset, arus kas daerah dan lainnya.

Baca juga: Mayoritas Fraksi DPRD HSS sepakati dua Raperda menjadi Perda
 
Tentang perangkat desa perubahan raperda yang diusulkan, karena didasarkan pada perubahan di atasnya yakni adanya perubahan peraturan Menteri Dalam Negeri, sehingga perlu penyesuaian.

Sementara itu, tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan, menurut dia tidak bisa berdiri sendiri, melainkan bagian dari pembangunan keseluruhan. dan ini agar dapat mengakomodir segala kepentingan dan menjadi pariwisata yang lebih profesional.

Diharapkan dia, dengan basis dan potensi wisata yang dimiliki, HSS bisa menjadi tujuan utama pariwisata nasional dan semua perlu adanya kebijakan yang terintegrasi antar SKPD, yang menjadi pedoman bagi pemerintah, pebisnis pariwisata dan masyarakat.

"Semua bertujuan agar bisa meningkatkan perekonomian dan pendapatan daerah yang berorientasi pada kearifan lokal dan berbasis lingkungan," katanya.

Ditambahkan dia, HSS khususnya Loksado adalah satu-satunya potensi strategis pariwisata nasional di Kalsel yang diakui pemerintah dan saat ini parawisata merupakan paradigma baru pembangunan sehingga diperlukan adanya upaya peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pariwisata secara berkelanjutan.

Sebagaimana biasanya sebelum pelaksanaan Rapat Paripurna di DPRD HSS, didahului dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz Hariyadi, yang mengangkat tema tentang syukur.

Baca juga: HSS kembali raih Opini WTP untuk keenam kalinya

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD HSS H. Ahmad Fahmi, yang saat membuka rapat tak lupa mengucapkan Selamat Idul Fitri kepada seluruh peserta rapat, korum rapat kali ini terpenuhi dihadiri oleh 18 dari 30 anggota Dewan, dan akan sah dalam mengambil keputusan.

Acara Rapurna diakhiri dengan penyerahan Raperda dari bupati kepada ketua dewan dan selanjutnya memanfaatkan moment Idul Fitri juga dilaksanakan acara bersalaman dan bermaafan dengan seluruh peserta, baik eksekutif maupun legislatif.

Turut hadir, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS,  Sekretaris Daerah H Muhammad Noor, para asisten dan para kepala OPD di lingkup Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019