Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan Halal Bi Halal bersama Ikatan Alumni Mahasiswa Balangan (IKAMABA) dan Bupati Balangan, H Ansharuddin, di Gedung Mayang Maurai, Komplek Garuda Maharam, Paringin Kota, Senin.

Bupati Balangan, H Ansharuddin mengatakan, pemuda sebagai generasi penerus Bangsa harus mampu memberikan bukti nyata dalam pembangunan, dengan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk mengabdikan diri kepada orang banyak.

Anshar mengingatkan, agar pemuda juga taat beribadah serta memiliki iman dan taqwa yang kuat. Rajin beribadah, memiliki akhlak, budi pekerti, jujur serta rajin beramal dan bersedekah.

"Tentu pemuda yang beriman akan memiliki kualitas moral yang tinggi, sehingga dimanapun ia berada dan bekerja, akan menjadi orang yang amanah dan jauh dari keculasan," katanya.

Selain itu pemuda harus memiliki kesabaran, kerja keras dan ulet. Intinya dimanapun ia berada dan bekerja, ia mampu memberikan sumbangsih dan pengabdian kepada masyarakat sesuai ilmu yang dimilikinya.

Sementara itu, Ketua KNPI Balangan, Nurdian Wahyudi mengungkapkan, agar para pemuda bisa mentauladani Baginda RasuluLLah SAW.

Dimana masa muda Baginda RasuluLLah SAW sangat memberikan arti, manfaat dan makna bagi ummat manusia, tanpa pamrih dan penuh ke ikhlasan demi kebaikan bersama.

"Beliau bukan hanya sebagai pemersatu, tapi juga memberikan manfaat dan tidak pernah berhenti memberikan pemikiran, nasehat, kebijakan, kebaikan, membantu, memberi dan berbagai kebajikan-kebajikan lainnya," tuturnya.

Sehingga tidak ada alasan bagi kita hanya mementingkan diri sendiri, apalagi memiliki komunitas atau perkumpulan pemuda yang memiliki ilmu setingkat Diploma, Sarjana bahkan hingga pendidikan S3.

"Untuk itu, mari kita berikan sumbangsih bagi Pemerintah demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Balangan itu sendiri," imbuhnya.

Selain itu lanjutnya, pasca Pilpres dan Pileg 2019, khususnya generasi muda Kabupaten Balangan, agar bisa kembali menyatukan langkah untuk membangun Balangan.

"Intinya Kabupaten Balangan telah berhasil melaksanakan Pemilu lancar, aman dan tertib serta dengan persentasi partisipasi pemilih yang cukup besar pula, tentunya perbedaan pilihan dan warna Parpol jangan sampai membuat kita terpisah secara berkelanjutan," ungkapnya.

Kini saatnya Pemuda Balangan diharapkan bisa kembali bersatu memberikan sumbangsih pemikiran bahkan kegiatan yang mampu memberikan manfaat bagi pembangunan serta masyarakat di Bumi Sanggam, julukan Kabupaten Balangan.

Mengutip kata-kata Presiden Pertama Indonesia, Bung Karno, sebagai penyemangat "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia," sampai Nurdian.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019