Oleh : Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polresta Banjarmasin kini mengintensifkan patroli oleh 15 pasukan menggunakan kendaraan pengurai massa (Ranraimas) setempat guna meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di ibu kota Kalimantan Selatan itu. 


Kepala Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin Kompol Haryono MT di Banjarmasin, Selasa mengatakan bahwa untuk pasukan Ranraimas Polresta Banjarmasin itu diambil dari pasukan apel cadangan.

Pasukan cadangan itu untuk mendukung patroli rutin agar keadaan Kota Banjarmasin selalu dalam kondisi kondusif dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Target patroli pasukan berkendaraan roda dua itu ditujukan kepusat-pusat yang mana banyak didatangi ataupun dikunjungi masyarakat,

Tempat-tempat tersebut diantaranya pasar Sentral Antasari, pasar Sudimampir, serta salah satu mall yang tersebut di Kalsel, tapi mereka hanya melakukan patroli keliling untuk pemantauan.

Selain tempat-tempat keramaian, mereka juga melakukan patroli ditempat-tempat rawan tindak kriminal dan tindak kejahatan untuk antisipasi dini.

"Patroli pasukan Ranraimas itu akan dilakukan secara rutin, karena pasukan tersebut sudah ditunjuk untuk melakukan apel cadangan dan patroli setiap waktu yang ditentukan," terangnya kepada Antara.

Haryono juga mengatakan, dalam patroli yang dilaksanakan sekitar pukul 09.00 wita hingga selesai itu, tidak ada temuan yang menonjol dilapangan sehingga kondisi Kota Banjarmasin masih kondusif.

"Patroli ini atas perintah pimpinan agar terciptanya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta meminimalisirkan dan menurunkan kejahatan jalanan yang ada di Kota Banjarmasin," ucapnya saat di hubungi melalui telepon gengamnya.

  Menjaga keamanan dan ketertiban di kota "seribu sungai" ini bukan hanya tugas polisi, dan itu akan terwujub apabila peran serta masyarakat ikut membantu didalamnya, laporkan secara cepat ke pihak berwajib apabila ada kejadian menonjol atau tindak kejahatan dilapangan, agar bisa ditindak lanjuti secara cepat pula, demikian Haryono.    

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013