Bupati Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan Abdul Wahid bertindak langsung sebagai inspektur Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni di Halanan Pemkab HSU, Sabtu.

Upacara dihadiri Wakil Bupati Husairi Abdi, Ketua DPRD Sahrujani, Perwakilan Kapolres dan Dandim 1001 Amuntai/Balangan, Pejabat yang mewakili Kepala Kejaksaan dan Pengadilan Agama, para pejabat dinas instansi serta ASN dan tenaga kontrak.

Apel juga diikuti pengurus dan anggota organisasi wanita seperti PKK dan Dharma Wanita Persatuan, para pelajar dan mahasiswa.

Bupati membacakan amanat Plt Kepala Badan pembinaan ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono, menyampaikan, keberhasilan pendiri Bangsa Indonesia dalam menggali nilai nilai Pancasila merupakan anugerah dari Allah yang patut disyukuri.

"Nilai-nilai pancasila ini menjadi perekat dan pemersatu Bangsa Indonesia sehingga bisa eksis hingga saat ini. Maka sesuai pesan Presiden Joko Widodo memperingati Hari Lahir Pancasila merupakan suatu keniscayaan," ujar Wahid.

Pertama, kata Wahid melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 01 Juni  Bangsa Indonesia akan mengenang momentum bersejarah dimana para pendiri Bangsa berhasil menggali dan merumuskan Pancasila untuk direfleksikan oleh generasi saat ini untuk terus merekatkan persatuan dan kesatuan.

Kedua, melalui peringatan ini pula Bangsa Indonesia bisa menyonsong kehidupan berbangsa dan bernegara dengan lebih baik.

"Pancasila memberikan arah orientasi bagi pembangunan dan mengandung energi positif untuk membangun Indonesia kearah yang lebih baik," katanya.

Sementara di Mapolres HSU juga digelar Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Kapolres AKBP Ahmad Arif Sofiyan. Demikian juga jajaran Kemententrian Agama menggelar peringatan serupa di halaman Kantor Kemenag HSU.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019