Warga Kabupaten Banjar mendukung kegiatan Desa Binaan Rame-Rame Turun atau Debiratu yang dilaksanakan Tim Pe Penggerak PKK Kabupaten Banjar yang mengunjungi desa-desa di kabupaten itu secara bergiliran.

Salah satu dukungan berasal dari warga Desa Manarap Baru Kertak Hanyar seperti disampaikan Kepala Desa Thamrin saat menerima kunjungan TP PKK Banjar bersama unsur dinas dan instansi terkait ke desa itu, Jumat.

"Program Debiratu memberikan manfaat besar bagi masyarakat sehingga fasilitas yang dibutuhkan desa langsung bisa dilihat dan diharapkan dipenuhi sehingga turut merasakan hasil pembangunan," ujarnya.

Menurutnya, hal itu terbukti dari keberhasilan pembangunan di desa, disampaing masyarakat bisa merasakan manfaat langsung dari program pembangunan karena seluruh kegiatan melibatkan warga sebagai pelaksananya.

Apalagi, kata dia, program Debiratu bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti peningkatan kesejahteraan
keluarga melalui pendidikan pelatihan daur ulang sampah, kebun keluarga melalui pemanfaatkan lahan perkarangan.

Selain itu, juga ada program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Peduli Lingkungan dan program pembangunan lain yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Ketua Tim Debiratu Zainuddin mengatakan, program itu bermitra dengan Pemkab dan bersama-sama melaksanakan visi daerah dalam rangka mempercepat pembangunan, terutama di pedesaan.

"Kami berharap seluruh elemen yang ada di desa bekerja sama, baik dengan sesama warga dan aparat desa hingga kecamatan. Hal itu penting dilakukan agar desa percontohan yang dicanangkan terwujud," ujarnya.

Menyinggung masalah perekonomian desa, ia meminta harus ditingkatkan, Pemkab melalui dinas terkait melakukan pembinaan kepada masyarakat desa agar tercapai kesejahteraan terutama dibidang ekonomi. Yose Rizal

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013