Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan HST memberikan satu unit motor jenis Tossa kepada karang taruna Muda Djaya Desa Samhurang, Kecamatan Labuan Amas Utara, sebagai wujud apresiasi kepada organisasi masyarakat yang sukses dalam pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan HST, Muhammad Yani menjelaskan, bantuan yang diberikan sudah sesusai prosedur yang ada, yaitu berperan aktif mengelola sampah juga mengirim proposal ke Pemkab HST melalui dinasnya.

Selanjutnya, pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi yang selanjutnya diapresiasi dengan memberikan bantuan tersebut.

Hal ini juga sebagai salah satu cara Pemkab HST untuk memacu organisasi masyarakat lainnya, agar lebih berperan aktif dalam menjaga lingkungan terutama pengelolaan sampah, bisa karang taruna atau organisasi lainnya.

Kepala Dinsos PPKB dan PPPA HST, H M Yusuf menambahkan, bahwa ini merupakan kolaborasi antara dinas dan instansi terkait di Pemkab HST.

Dimana, untuk ini dinasnya melalui Bidang Sosial yang bersinggungan langsung untuk menggenjot Karang Taruna agar lebih berperan aktif di segala bidang dan saat ini di bidang pengelolaan sampah.

Sekedar diketahui, bahwa karang taruna Muda Djaya yang diketuai M Thamrin sukses dalam pengelolaan Bank Sampah di desa Samhurang, bank sampah tersebut diberi nama Datu Awang, dengan motto "Dulu Sampah Sekarang Berkah".

Metode yang digunakan karang taruna ini dalam pengelolaan sampah adalah menjemput bola, yaitu mendatangi lokasi-lokasi yang berpotensi banyak sampahnya.

Misalnya kawasan pasar, kawasan pondok pesantren dan lainnya untuk kemudian diproses di bank sampah yang dikelola karang taruna  itu.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019