Senin, 23 Oktober 2017

Peserta UN Banjar Lulus 98,22 Persen

id un
Oleh Yose Rizal

Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Persentase kelulusan siswa Sekolah Menengah Atas dan Madrasyah Aliyah (SMA/MA)Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2012/2013 mencapai 98,22 persen.

"Persentase kelulusan siswa SMA mencapai 97 persen dan kelulusan siswa MA 99,44 persen sehingga rata-rata persentase kelulusan 98,22 persen," ujar Kepala Disdik Kabupaten Banjar Ruspan Noor di Martapura, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah peserta UN tingkat SMA sebanyak 1.253 siswa dimana sebanyak 1.198 siswa dinyatakan lulus ujian nasional sedangkan peserta yang tidak lulus sebanyak 37 siswa.

Untuk siswa MA dengan jumlah peserta ujian sebanyak 1.248 siswa, tujuh siswa dinyatakan tidak lulus dan 1.248 siswa lulus ditambah 369 siswa SMK yang juga dinyatakan lulus ujian nasional.

"Jadi jumlah siswa SMA/MA yang dinyatakan tidak lulus ujian sebanyak 44 siswa, sedangkan jumlah siswa SMK yang tidak lulus, jumlahnya masih belum bisa dipastikan berapa banyak," ungkap mantan Kadis Sosial itu.

Ia juga meluruskan pemberitaan media massa yang menyebutkan sebanyak 265 siswa SMK tidak lulus UN sehingga tidak menimbulkan keresahan orang tua siswa karena ratusan siswa itu merupakan peserta satu sekolah.

"265 siswa yang dinyatakan tidak lulus seluruhnya peserta dari SMK 1 Martapura dan mereka bukan tidak lulus tetapi hasil nilainya belum diproses sehingga kelulusannya dinyatakan nol," jelasnya.

Dijelaskan, pihaknya masih menunggu pemberitahuan Puspendik Kemendikbud terkait hasil kelulusan siswa SMK dan menyakini kelulusan cukup tinggi sehingga mengharapkan hasilnya segera diterima Disdik setempat.

"Hasil kelulusan siswa SMK kabarnya bermasalah hampir di seluruh daerah sehingga kami masih menunggu data lengkap hasil kelulusan dan diharapkan secepatnya hasil itu diterima," ujarnya.

Dikatakan, data hasil kelulusan yang bermasalah hanya dialami SMK 1 Martapura sedangkan empat SMK lainnya yakni SMKN 1 Simpang Empat, SMKN 1 Sungai Pinang, SMK Darussalam dan SMKN Gambut tidak bermasalah.

"Jumlah peserta UN tingkat SMK sebanyak 634 orang dan sebanyak 369 siswa dari empat SMK dinyatakan lulus 100 persen, sisanya 265 siswa merupakan siswa SMK 1 Martapura yang hasilnya belum diterima," katanya.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga