Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry beserta para peserta upacara mengenakan pakaian perjuangan mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang digelar di Lapangan Monumen Proklamasi 17 Mei 1949.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, di Mandapai, Sabtu (17/4), mengatakan Proklamasi 17 Mei 1949 merupakan sejarah penting bagi rakyat Kalimantan Selatan, dalam proklamasi itulah muncul pernyataan kepada rakyat dan dunia.

"Bahwa gerilya ALRI Devisi IV Pertahanan Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan, serta eksistensi kekuatannya mampu menyusun suatu pemerintahan dalam wilayah Republik Indonesia (RI)," katanya, saat bertindak sebagai inspektur upacara.

Baca juga: Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV

Dijelaskan dia, walaupun secara de fakto saat itu Kalimantan berada di bawah penjajahan Belanda, namun ada tekad dan semangat, nilai-nilai kejuangan pantang menyerah dan rasa nasional yang sangat luar biasa.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan suatu kebanggaan untuk HSS, karena telah menjadi bagian dari daerah pejuangan. Dan ini tentunya adalah penting untuk memaknai peringatan HUT ALRI Devisi IV ini tidak hanya sebagai seremonial saja, tetapi dengan lebih menanamkan nilai-nilai kejuangan yang terkandung di dalamnya.

Seperti tertuang dalam kegiatan napak tilas yang sudah dilaksanakan sebagai salah satu bentuk semangat menanamkan nilai-nilai kejuangan dan mengingatkan tentang perlunya penanaman nilai kejuangan dalam tiap pribadi dalam keseharian terutama dalam melaksanakan tugas dan peran masing-masing.

"Kami mengajak kepada semua untuk rekatkan kebersamaan dan terus mematuhi nilai kejuangan dalam hati masing-masing dan mengajak untuk mendoakan semoga arwah para pahlawan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," katanya.

Baca juga: HSS Peringati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan

Diakhir upacara, Bupati HSS dan Gubernur Kalsel menyerahkan sembako dan tali asih kepada para veteran dan janda veteran secara simbolis, sekaligus gubernur menghibahkan sebuah mobil operasional kepada Desa Batu Bini yang diterima secara simbolis oleh kepala desanya.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad , Danlanal Banjarmasin Letkol Laut Wijayanto, Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmi, FKPD Provinsi Kalsel, Forkopimda HSS, para pejabat provinsi dan Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019