Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dan Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG Tjilik Riwut Palangkaraya menandatangani kesepakatan kerja sama layanan jasa Search and Rescue (SAR) untuk masyarakat. 

Siaran pers yang diterima Antara dari Humas Basarnas Banjarmasin, Sabtu penandatanganan kerja sama kedua belah pihak dilakukan di aula kantor Stasiun Klimatologi Banjarbaru, Jalan Trikora Banjarbaru, Jumat (17/5).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Catur Winarti SP dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Mujiono disaksikan undangan dan pihak terkait. 

"Kerja sama ini sangat mendukung kinerja kami mendapatkan informasi meteorologi dalam rangka operasi pencarian dan pertolongan (SAR) sepanjang jalur penerbangan/jalur pelayaran yang cukup, akurat, terkini, dan tepat waktu," ujar Mujiono. 

Dikatakan, hal itu sesuai dengan tujuan kerja sama, mendapatkan informasi meteorologi dalam rangka operasi pencarian dan pertolongan (SAR) untuk keselamatan, kelancaran dan efesiensi penerbangan maupun pelayaran.

"Harapan kami, kerja sama ini bukan hanya dalam pembahasan masalah musibah tetapi BMKG diharapkan bisa bergabung berlatih bersama dengan Basarnas dalam bentuk pelatihan SAR, karena BMKG dan Basarnas selalu berhubungan dalam pencarian dan pertolongan terhadap jiwa manusia," ucap Mujiono.

Sementara itu, penandatanganan kerja sama sebagai bentuk tindak lanjut nota kesepahaman antara Badan SAR Nasional dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tentang informasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk layanan jasa Search and Rescue (SAR) bagi masyarakat.

Penandatanganaan dilakukan tiga kantor BMKG diantaranya, Kantor Stasiun Meteorologi H Asan Kotawaringin Timur, Barito Selatan dan BMKG Tjilik Riwut bersama Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin.

"Melalui kerja sama yang sudah terlaksana dalam berbagai kegiatan pencarian dan pertolongan korban bencana maka kedua belah pihak memiliki legalitas sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas layanan di bidang masing-masing," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Catur Winarti.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019