Desa Tabat Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) mewakili Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) pada ajang lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Bupati H A Chairansyah menyambut langsung kedatangan Tim Penilai Lomba yang diketuai H Muhammad beberapa waktu yang lalu.

"Melihat masyarakat desa tabat yang sangat antusius mengikuti lomba ini, dapat menjadi pemicu agar lebih giat lagi dalam pembangunan desa," kata Bupati di Barabai, Sabtu.

Disamping itu, menurutnya lomba desa juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong sesama warga untuk mengarah kepada yang lebih baik dan positif dalam mengisi pembangunan suatu desa.

Ia sangat mengapresiasi seluruh aparat desa bersama warga yang berperan aktif guna mencapai hasil yang maksimal, baik dalam bidang administrasi desa, pendidikan, kesehatan maupun sosial budaya lainnya.

Sementara, ketua Tim Penilai dari Provinsi Kalsel, H Muhammad menyampaikan, bahwa lomba desa merupan agenda tahunan guna mendorong pedesan lebih maju dan berkembang.

"Sangat diperlukan partisipatif seluruh masyarakat desa dalam melakukan berbagai  hal terutama dalam pelayanan pemerintahan desa, pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun sosial budaya," katanya.

Diterangkannya, hasil yang dicapai tentunya kemandirian suatu desa atas dasar demokrasi, rakat mufakat sebagai landasan otonomi daerah termasuk di dalamnya kewenangan desa.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019