Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan menyalurkan program bantuan sosial pemenuhan kebutuhan pangan fakir miskin bagi keluarga penerima manfaat dalam rangka Ramadhan 1440 H.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Rijali Eswansyah di Amuntai, Kamis mengatakan, jumlah paket sembako yang disalurkan di Kabupaten HSU sebanyak 456 paket.

"Bantuan untuk program pemberdayaan fakir miskin perdesaan sebanyak 280 paket dan perkotaan sebanyak 176 paket," ujar Rijali

Rijali terus mengatakan, di antara bantuan itu juga ada untuk para kader posyandu sebanyak 100 paket yakni pada program perdesaan, dimana total 456 paket ini khusus disalurkan pada Bulan Ramadan.

Disampaikan, selain untuk paket bantuan Ramadan, program bansos pemberdayaan fakir miskin perdesaan dan perkotaan juga akan disalurkan saat kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Rinciannya untuk Program Bansos pemberdayaan fakir miskin perdesaan 2019 akan disalurkan pada peringatan HKG PKK sebanyak 180 paket sembako dan HKSN sebanyak 180 paket.
Sedangkan untuk program bansos perkotaannya  masing-masing sebanyak 176 paket.

"Biasanya untuk Peringatan HKSN dilaksanakan Desember nanti," kata Rijali.

Rijali menegaskan bansos pemberdayaan fakir miskin pedesaan dan perkotaan hanya diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) di Kementerian Sosial sehingga jika ada warga kurang mampu yang merasa tidak menerima bantuan kemungkinan belum masuk kedalam data tersebut.

Paket sembako yang disalurkan pada pemberdayaan fakir miskin ini berupa 5 liter beras, 1 kg gula pasir, 1 kg tepung terigu,  1 liter minyak goreng,  2 kotak teh celup,  2 bungkus mie telor, 1 kalemg susu kental manis dan 1 bungkus margarin.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019