Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, menaruh perhatian besar akan kebutuhan bahan pangan pokok bagi warganya yang lanjut usia dan disabilitas selama Ramadan dengan menyalurkan bantuan sosial berupa sembako.

Kepala Dinas Sosial Dinsos HSU Rijali Eswansyah di Amuntai Kamis mengatakan, bantuan sosial (bansos) bagi lansia dan disabilits disalurkan untuk enam bulan dalam satu tahun.

"Kebetulan memasuki Ramadan kita salurkan bantuan paket sembako untuk dua bulan agar para lansia dan disabilitas bisa terbantu kebutuhan sembako selama menjalani ibadah puasa," ujar Rijali

Rijali mengatakan, dengan disalurkannya paket sembako bagi lansia dan disabilitas terlantar ini maka sudah sebanyak empat bulan bansos program ini disalurkan ke masyarakat, tersisa dua bulan lagi yang akan disalurkan setelah Ramadan.

Kepala bidang Rehabilitasi Sosial Hj. Rahmiati menambahkan, sebanyak 170 paket bantuan bagi lansia dan disabilitas disalurkan setiap bulannya, terdiri 70 paket bagi lansia dan 40 paket bagi disabilitas terlantar.

"Paket bantuan perbulannya berupa 10 liter beras, 2 liter minyak goreng, 2 kilogram gula pasir, 2 kaleng susu kental manis, 2 kotak teh celup dan 1 bungkus kue kering," paparnya.

Rahmi menegaskan, bantuan hanya diberikan kepada lansia dan penyandang disabilitas yang sudah terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) di Kementerian Sosial.

"Jadi bila ada warga masyarakat yang berusia lanjut atau penyandang disabilitas  belum menerima bantuan, datanya akan diusulkan untuk dimasukan dalam BDT Kemensos terlebih dahulu," katanya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019