Sebanyak 50 pelajar se Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan mengikuti seleksi gina bahana nusantara, yakni menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Banjar Drs H Effani Redhan membuka acara Seleksi Gita Bahana Nusantara tersebut di kantor Disbudparpora Banjar, Kota Martapura ibukota Kabupaten Banjar, Selasa.

"Saat ini lagu kebangsaan seakan mulai tenggelam termakan zaman, bahkan banyak anak muda yang tidak hapal dengan lagu wajib Indonesia Raya, hal ini tidak bisa dibiarkan karena akan melemahkan jiwa nasionalisme," katanya.

Seleksi ini diikuti oleh 50 orang pelajar SMA sederajat se-Kabupaten Banjar yang akan memilih empat pemenang yang kemudian dikirim ke tingkat provinsi Kalsel guna mengikuti seleksi kembali agar lolos ke tingkat nasional.

Dikatakan Effany, seleksi ini diadakan selain untuk mencari penyanyi yang akan dikirim ke provinsi acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme para pemuda melalui lagu nasional dan mengangkat prestasi siswa.

"Bila siswa-siswi yang mengikuti seleksi ini lolos hingga nasional, siswa tersebut akan ikut bergabung dengan paduan suara di sana untuk bernyanyi di Istana Negara pada saat peringatan 17 Agustus nanti," jelas Effani.

Kepala Bidang Kebudayaan H Abdul Ghani Fauzi selaku ketua pelaksana menyampaikan, acara tersebut diadakan berdasarkan DPA-SKPD Disbudparpora tahun 2013 dengan tujuan mencari peserta terbaik yang akan dikirim ke tingkat provinsi mewakili Kabupaten Banjar.

  Para peserta ini akan diseleksi oleh tiga juri yang berasal dari SMPN 1 Martapura Ibu Endang Sri Hastuti, SMA PGRI 1 Martapura Gt Abdul Halim dan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Banjar M Syahid. /D.
(T.H005/B/I006/I006) 05-02-2013 15:55:10

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013