Atas nama Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Bupati H A Chairansyah menerima penghargaan sertifikat bebas malaria dari Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek yang disaksikan Menteri dalam negeri Thahjo Kumolo pada acara Peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) di Denpasar Bali, Senin (13/5).

Selain HST, sebanyak 10 Kabupaten/Kota turut hadir menerima penghargaan tersebut yakni Lampung Tengah, Luwu Timur, Bungo,  Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Kebumen, Cilacap, Toli Toli dan Aceh Barat.

Kabupaten HST menjadi satu-satunya di Kalimantan yang menerima penghargaan tersebut.

Sedangkankan seluruh Gubernur se Jawa dan Bali juga berhadir pada acara tersebut sebagai komitmen mencegah malaria  dengan mengusung Tema "Bebas Malaria Prestasi Bangsa".

Bupati mengatakan, dia mendapat penghargaan eleminasi bebas malaria tidak terlepas dari kebijakan Pemkab HST yang tidak melakukan penambangan batu bara dan penanaman sawit di daerahnya.

Mengingat kubangan air yang dihasilkan dari galian salah satu tempat sebagai wabah yang akan berkembang biak bibit nyamuk.

Kebijakan tidak menambang juga sebagai bentuk keseriusan dalam mencegah berkembangnya malaria.

Chairansyah juga berterima kasih atas peran para ulama, masyarakat, organisasi keagamaan, LSM yang turut mendukung atas kebijakan yang selama ini dia lakukan. 

Serta, kerja keras Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup dan lintas sektoral lainnya yang selalu bersinergis sehingga Kabupaten HST sudah terbebas dari Malaria.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019