Paban V/Bhakti TNI Staf Teritorial TNI Angkatan Darat (Sterad) Kolonel Inf Yudianto Putrajaya melanjutkan kunjungannya ke satuan wilayah guna melihat langsung kegiatan Bakti TNI yang telah dilaksanakan oleh Kodim.

"Saya ingin Kodim dapat menciptakan hal baru dalam bidang Bakti TNI. Jangan terpaku hanya melaksanakan program pusat ataupun pembangunan infrastruktur. Namun juga yang terkait peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)," katanya.

Dikatakan pria yang kerap disapa Putra itu, selain kemampuan teritorial, prajurit harus dibekali juga berbagai kemampuan dan keterampilan yang dapat menciptakan hal baru, sehingga dapat mengangkat nama baik satuan dan TNI AD.

"Kembangkan kreatifitas dan inovasi satuan untuk dapat memberikan darma bakti terbaik TNI kepada masyarakat untuk membantu kesejahteraan rakyat," paparnya menekankan.


Adapun contoh kegiatan yang dapat dikembangkan di satuan dengan melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat terutama pemuda melalui kegiatan Bela Negara maupun materi lainnya, sehingga keberadaan Kodim dapat bermanfaat untuk masyarakat di wilayahnya.

Putra juga meminta Kodim dapat melaksanakan pembinaan wilayah secara terus menerus dengan mempedomani 5 kemampuan teritorial diisi berbagai program kreativitas yang dapat mengangkat marwah dan citra TNI AD.

"Maksimalkan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bersifat masiv, bombastis dan spektakuler baik berbentuk kegiatan fisik maupun non fisik dengan semboyan Bakti TNI Bergerak (Berjuang Gelorakan Rakyat)," tandasnya.


Mantan Danrem 101/Antasari itu mengunjungi Kodim 0734/Yogyakarta dan Kodim 0735/Surakarta. 

Dalam arahannya di dua Kodim tersebut, Putra menegaskan jika mendukung program teritorial khsususnya Program Bakti TNI wajib dilakukan satuan kewilayahan.

Dimana program tersebut merupakan aktualisasi penjabaran pembinaan teritorial di lapangan yang langsung bersinggungan dengan masyarakat.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019