Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan memprogramkan pengembangan desa binaan (Debi) dalam upaya meningkatkan pembangunan pedesaan dan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudatul Jannah Khairul Saleh di Martapura, Senin mengatakan bahwa, wilayahnya terus mengembangkan Debi.

Program Debi 2013 fokus hendaknya dapat lebih mengena, dan pembinaan desa yang selama ini dilakukan pemerintah kabupaten Banjar dengan melibatkan lintas sektor secara nyata, hasilnya dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Seperti dalam setiap kegiatan program Debi yang dilaksanakan di kecamatan Sambung Makmur, masyarakat setempat nampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Seperti halnya pelaksanaan Debi yang terus digulirkan Pemkab Banjar, pada tahun 2013 disebut dengan program Desa Binaan Rame-Rame Turun (Debiratu).

Terakhir kegiatan dipusatkan di desa Madu Rejo, kecamatan Sambung Makmur, masyarakat Sambung Makmur menyambutnya dengan penuh semangat dan perhatian sererius terhadap program tersebut.

Kegiatan Debiratu yang dipimpin ketua TP PKK Banjar tersebut merupakan sebuah tindak lanjut dan penjabaran dari program pemerintah daerah yang menghendaki setiap kecamatan yang ada di kabupaten Banjar mendapatkan perhatian yang sama dalam sektor pembangunan.

Setiap kecamatan di Kabupaten Banjar hendaknya dapat menerapkan serta menindaklanjuti program pembangunan yang selama ini telah digulirkan pemerintah setempat, melalui program desa binaan, jangan sampai program yang telah dijalankan tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Hj Raudatul Jannah Khairul Saleh juga memberikan pemahaman secara langsung tentang program PKK kepada anggota PKK kecamatan Sambung Makmur dan PKK desa Madu Rejo.

Selain itu, pada acara tersebut Sekda Banjar H Nasrunsyah juga berkesempatan menginventarisir petugas teknis (fungsional) yang ada di kecamatan sambung makmur, seperti Bidan, Penyuluh KB, dan Penyuluh Pertanian.

Menurut Sekda Banjar, Hal tersebut bertujuan untuk mengukur sejauh mana kelengkapan dan kinerja perangkat teknis dari pemerintah daerah yang ada di kecamatan Sambung Makmur.

Selain itu, pengecekan dan perkenalan secara langsung melalui forum Debiratu tersebut juga dimaksudkan agar masyarakat setempat dapat mengetahui dan mengenali petugas teknis di wilayahnya.

Jangan sampai masyarakat Sambung Makmur tidak mengenali petugas teknis (fungsional) yang ada di kecamatan Sambung Makmur, seperti Bidan, Penyuluh KB, dan Penyuluh Pertanian,tegasnya.C

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013